Masuk ke Jurusan Ilmu Komunikasi? Ini Profesi yang Menanti Lulusannya

By | July 1, 2020

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi menarik belakangan ini. Karena mulai banyak ranah profesi yang membutuhkan jurusan ini. Karena komunikasi adalah kunci berhubungan dengan orang lain, jurusan ini pun semakin banyak dibutuhkan juga oleh perusahaan.

Singkatnya, Jurusan Komunikasi ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan cara berkomunikasi dengan orang lain. Selain itu, pelajaran multimedia juga menjadi ranah dalam jurusan ini.

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia hiburan, media, serta hal – hal yang berhubungan dengan komunikasi kepada orang lain, baik individu maupun kelompok, kamu bisa memilih jurusan ini. Sama halnya dengan manajemen yang membuka banyak peluang profesi di berbagai bidang, begitu pun Jurusan Ilmu Komunikasi.

Sumber: Free-Photos dari Pixabay

Inilah profesi yang menanti lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi:

Marketing, Public Relations, dan Periklanan

Tiga profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, karena berkaitan dengan relasi serta terjaringnya banyak konsumen. Marketing tidak hanya dapat diisi oleh lulusan Jurusan Manajemen saja. Kegiatan marketing akan membuat pelakunya berhubungan dengan orang lain. Dengan menyampaikan pesan – pesan supaya audience mau menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Public relations juga penting dalam kaitannya kerjasama perusahaan dengan pihak lain. Dalam hal ini, kemampuan untuk berkomunikasi, termasuk juga negosiasi, sangat diperlukan. Supaya tujuan kerjasama antar perusahaan dapat dicapai.

Sementara untuk bagian periklanan, kamu harus memiliki kemampuan untuk mempromosikan produk. Promosi tersebut harus tepat mengenai target pasar. Kalimat – kalimat iklan yang bagus serta isi yang sesuai menjadi kunci utama supaya iklan tersebut menarik.

Event Organizer

Menjadi pelaku dalam bisnis event organizer mengharuskan kamu berhubungan dengan orang lain di luar perusahaan. Utamanya adalah kepada client serta para pihak – pihak yang diajak kerjasama.

Komunikasi yang baik sangat diperlukan supaya kamu dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Ditambah lagi, event organizer tidak hanya berbentuk suatu badan usaha atau perusahaan. Jika kamu memiliki kemampuan dan pengalaman, kamu pun bisa membuka sendiri bisnis event organizer milikmu.

Media

Perusahaan media menjadi incaran para lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi. Tak heran, karena memang banyak profesi yang dapat dijalankan lulusan Ilmu Komunikasi di sini. Mulai dari di bidang broadcasting, public relation, reporter, dan banyak lainnya.

Perusahaan media sangat membutuhkan kandidat dengan kemampuan komunikasi yang dinamis. Selain itu, kebutuhan akan informasi juga mendorong perusahaan media untuk banyak merekrut lulusan Jurusan Komunikasi untuk mengurasi informasi dalam berbagai bentuk.

Layanan Konsumen

Setiap perusahaan yang profesional pasti memiliki layanan konsumen. Dimana, posisi ini akan menangani berbagai pertanyaan serta keluhan dari konsumen. Konsumen ini harus ditangani dengan bahasa yang baik supaya tepat mengena dan tidak salah paham. Apalagi jika konsumen datang dengan marah – marah seperti ketika komplain, maka komunikasi yang baik dibutuhkan untuk mengatasi hal ini.

Saat belajar di Jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dengan konsumen. Bahkan, kamu juga diajarkan mengenai tipe – tipe manusia dan bagaimana cara mengatasinya.

Sales

Bisa dikatakan bahwa sales adalah tombak dari perusahaan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pelanggan sebanyak – banyaknya. Yang terpenting dari sales sebenarnya bukan hanya menjual, tapi kemampuan berkomunikasi dan networking yang kuat.

Lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi yang memiliki kemampuan komunikasi dan networking yang kuat akan dibutuhkan di posisi ini. Jangan salah, menjadi seorang sales person membuka peluang kamu untuk mendapatkan gaji yang tinggi serta berbagai bonus jika berhasil mencapai target.

 

Jadi, siap menekuni profesi yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *