Fakta tentang Donat yang Wajib Diketahui

By | July 4, 2020

Donat merupakan salah satu kue yang berbentuk bulat dengan varian topping di atasnya. Mulai dari toping meses, keju, selai, hingga gula halus. Hingga kini banyak orang yang menjual donat dengan berbagai kreasi, agar menarik minat pembeli. Namun sebelum Anda membeli donat, Anda harus mengetahui beberapa fakta yang ada di dalamnya.

Fakta tentang Donat, Anda Harus Tahu

Ada beberapa fakta menarik tentang donat. Pastinya banyak orang yang belum mengetahui tentang fakta dibalik kue donat tersebut. Oleh sebab itu bagi Anda para pecinta donat, wajib mengetahui berbagai fakta tersebut. Dengan begitu Anda dapat mengetahui informasi penting tentang donat, yang tidak banyak diketahui masyarakat.

  1. Belanda Negara Penemu Donat

Donat pertama kali diproduksi di Negara Belanda. Uniknya perusahaan pembuat donat menyatakan bahwa setiap tahunnya, selalu memproduksi 10 miliar kue. Hal ini karena banyak penduduk Amerika yang menyukai kue donat tersebut. Sehingga tidak heran bila banyak perusahaan donat terkenal yang berasal dari Amerika, sukses besar membuka cabang bisnis di negara orang.

  1. Dikenal sebagai Kue Minyak

Awalnya donat dikenal sebagai kue minyak. Hal ini karena cara membuat donat, tidak dengan digoreng di atas minyak kelapa seperti yang terjadi saat ini. Namun donat digoreng di atas lemak babi. Kemudian di bagian tengahnya, diberi kacang atau buah sebagai isian. Hal ini karena ketika menggoreng donat, di bagian tengah donat membutuhkan waktu lama untuk matang.

  1. Penemu Mesin Donat

Pada tahun 1920 tepatnya setelah terjadinya perang dunia pertama, mesin donat pertama kali ditemukan. Mesin pembuat donat ini ditemukan oleh Adolph Levitt. Pria tersebut merupakan keturunan Rusia. Sejak ditemukannya mesin tersebut, proses pembuatan donat yang terkesan sederhana mulai ditinggalkan. Semua produsen donat memilih menggunakan mesin yang sudah ditemukan ini.

  1. Kue yang Tidak Sengaja Dibuat

Kisah pembuatan donat, sangatlah menarik. Awalnya ada seekor sapi yang menginjak sebuah adonan kue yang dibuat oleh penduduk asli Belanda. Kemudian adonan tersebut dilempar hingga masuk ke minyak panas. Ternyata adonan tersebut, memiliki lubang di bagian tengahnya. Saat itulah kue donat mulai dikenal oleh penduduk asli Belanda.

  1. Makanan saat Perang Dunia 1

Ketika perang dunia Pertama berlangsung, banyak para tentara yang suka dengan kue donat. Hal ini karena kue donat akan mengingatkan tentara tersebut, dengan kondisi rumah. Oleh sebab itu, negara selalu mengirimkan donat sebagai makanan utama para tentara di medan perang. Dari situlah, kue donat mulai banyak dikenal secara luas.

Ada beberapa fakta tentang kue donat yang belum diketahui oleh banyak orang.  Padahal dibalik kue donat yang terasa lezat, tersimpan kisah yang menarik di dalamnya. Khususnya ketika kue donat pertama kali ditemukan. Oleh sebab itu bagi Anda para pecinta donat, wajib mengetahui fakta yang ada di dalam donat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *