10 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta

By | July 19, 2020

Anda ingin kuliah di Jakarta tapi masih bingung mencari kampus yang terbaik? Universitas yang ada di Jakarta sangat banyak dengan berbagai pilihan program studi. Bagi kamu yang ingin kuliah di Jakarta berikut ini adalah referensi universitas swasta terbaik di Jakarta :

 

1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti adalah universitas swasta di Jakarta Timur yang sudah sangat terkenal dengan kualitas lulusannya yang terbaik. Kampus ini sudah ada sejak tahun 1965 dan sudah meluluskan lebih dari 100 ribu mahasiswanya. Lokasi dari kampus ini sangat strategis yaitu di tengah kota sehingga mudah untuk dijangkau.

Sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT membuat kampus ini masuk dalam daftar kampus swasta yang terbaik. Trisakti mempunyai 9 fakultas yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan bakat Anda.

Jika Anda tertarik dengan dunia hukum bisa mengambil kuliah di fakultas hukum Trisakti. Di Trisakti juga terdapat fakultas kedokteran yaitu kedokteran umum dan kedokteran gigi. Fakultas seni rupa dan juga desain juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin belajar kesenian.

 

2. Universitas Bina Nusantara

Ubinus adalah salah satu kampus terbaik yang ada di Jakarta. Universitas ini sudah ada sejak tahun 1991 dengan nama awal akademi teknik komputer. Secara bertahap universitas ini berkembang dan sampai sekarang sudah ada 11 fakultas.

Universitas Bina Nusantara ini sudah banyak mencetak pengusaha terbaik di Indonesia. Saat ini akreditasi dari universitas ini adalah A dan semua program studinya juga sudah terakreditas.

Alamat dari kampus ini ada di Jakarta Barat tepatnya di Jl. Syahdan Nomor 9 Palmerah. Lokasinya cukup strategis dan dekat dengan banyak fasilitas yang akan menunjang perkuliahan.

 

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma jaya atau yang lebih dikenal dengan Unika Atma Jaya adalah kampus swasta pertama yang ada di Tangerang. Sampai saat ini Unika Atma Jaya mempunyai 8 fakultas dengan total program studi sebanyak 22.

Universitas ini juga masuk dalam kampus terbaik non vokasi yang ada di Indonesia. Sudah jelas akreditasi dari kampus ini sudah mendapatkan peringkat A dan sudah diakui oleh BAN-PT.

Unika Atma Jaya tidak hanya unggul dalam fakultas filsafatnya saja tapi juga fakultas lainnya. Sarana dan prasarana yang ada di kampus ini juga sangat lengkap untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

 

4. Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan atau UPH adalah universitas swasta yang sudah sangat terkenal di Jakarta. Kampus UPH termasuk kampus terbaik untuk Anda yang ingin kuliah program S1 sampai S3. UPH sendiri mempunyai 3 program utama yaitu sarjana, magister, dan doktoral.

Di UPH terdapat 23 fakultas dengan puluhan program studi yang bisa Anda pilih. UPH mempunyai program dual linguistik atau dual bahasa yaitu Inggris dan Indonesia. Anda akan dididik dengan dua bahasa ini, tentu saja karena hal inilah banyak lulusan UPH yang sukses di dunia internasional.

 

5. Institut Kesenian Jakarta

Ingin belajar seni di Jakarta? Anda bisa memilih IKJ atau Institut Kesenian Jakarta sebagai kampus. IKJ ini merupakan kampus seni satu-satunya yang ada di Jakarta dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Institut seni yang ada di Jakarta ini mempunyai 3 fakultas yaitu fakultas film dan televisi, seni pertunjukan, dan seni rupa. IKJ juga mempunyai program pascasarjana khusus untuk jurusan seni. Anda yang ingin belajar seni di Jakarta bisa memilih universitas swasta ini sebagai referensi utama.

 

6. Universitas Tarumanegara

Di Jakarta Barat juga terdapat universitas swasta yang terbaik yaitu Universitas Tarumanegara atau yang lebih dikenal dengan UNTAR. Universitas ini ada di Jalan S Parman dan sudah ada sejak tahun 1959.

UNTAR termasuk universitas swasta di Jakarta yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Universitas ini juga sudah menorehkan banyak prestasi baik nasional maupun internasional. Yang terbaru UNTAR mendapatkan sertifikat ASEAN Engineer dari AFEO yang diterima oleh rektor universitas.

Universitas yang ada di Jakarta ini mempunyai 8 fakultas termasuk didalamnya fakultas seni rupa dan desain. UNTAR juga mempunyai fakultas ekonomi, ilmu komunikasi, dan teknologi informasi. Fakultas kedokteran UNTAR juga termasuk salah satu yang terbaik di Jakarta.

 

7. Universitas Pancasila

Di Jakarta Pusat juga ada kampus swasta terbaik yang merupakan gabungan antara Universitas Pancasila dengan Universitas Bung Karno. Kampus ini lebih dikenal dengan Universitas Pancasila yang ada di Jakarta Pusat.

Universitas Pancasila mempunyai 2 kampus utama yaitu di Jakarta Selatan tepatnya di Srengseng Sawah dan di Jl. Borobudur Jakarta Pusat. Kampus ini mempunyai 6 fakultas dengan program S1 Yaitu fakultas ekonomis, farmasi, teknik, psikologi, komunikasi, dan pariwisata.

Sejak tahun 2018 universitas ini juga sudah mendapatkan akreditasi dengan grade A untuk semua program studinya. Fasilitas dari kampus ini juga tergolong lengkap untuk menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswanya.

 

8. Universitas Gunadarma

Anda yang tinggal di Jabodetabek tentu tidak asing lagi bukan dengan Universitas Gunadarma yang ada di Kota Depok. Universitas ini termasuk universitas swasta yang cukup baru karena baru ada sejak tahun 1981. Walaupun tergolong muda tapi universitas ini termasuk kampus terbaik yang ada di Jakarta.

Lokasi dari kampus ini menyebar di berbagai lokasi yang ada di Jakarta termasuk salah satunya ada di Salemba dan Jl Kenari Jakarta Pusat. Universitas ini mempunyai 13 fakultas yang sudah mendapatkan akreditas A dan juga 3 fakultas yang sudah mendapatkan akreditasi B.

 

9. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Anda ingin belajar informatika di kampus Jakarta? Pilihan terbaiknya adalah UBSI atau Universitas Bina Sarana Informatika. Tidak hanya di Jakarta UBSI juga termasuk universitas swasta terbaik di Indonesia.

Universitas Bina Sarana Informatika mempunyai kampus yang tersebar di area Jabodetabek. Semua kampus UBSI sudah dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana perkuliahan yang memadai dan nyaman untuk para mahasiswanya.

UBSI terdiri dari 3 fakultas yaitu teknologi informasi, ekonomi & bisnis, dan komunikasi & bahasa. Untuk Anda yang ingin belajar teknologi informasi ada 5 pilihan program studi.

Program studi yang ada di di fakultas teknologi informasi yaitu:

  • S1 Teknologi Informasi
  • S1 Rekayasa Perangkat Lunak
  • D3 Teknologi Komputer
  • S1 dan D3 Sistem Informasi
  • D3 Sistem Informasi Akuntansi

Sedangkan jika Anda ingin mengambil jurusan ekonomi dan bisnis bisa memilih 4 program studi yaitu:

  • D3 dan S1 Akuntansi
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D3 Administrasi Perkantoran
  • D3 Manajeman Pajak

Bagi kamu yang berminat dalam bidang bahasa maupun entertainment bisa mengambil jurusan komunikasi bahasa. Ada 6 pilihan program studi yang ada di UBSI fakultas komunikasi dan bahasa, yaitu:

  • S1 ilmu atau sains komunikasi
  • S1 Sastra Inggris
  • D3 Hubungan Masyarakat
  • D3 Penyiaran
  • D3 Periklanan
  • D3 Bahasa Inggris

Semua fakultas dan program studi di UBSI sudah terakreditasi dan diakui oleh BAN-PT. Program studi yang ada di universitas ini juga termasuk program studi dengan jangkauan masa depan yang bagus.

 

10. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana atau yang sering disebut dengan Mercu Buana merupakan kampus swasta yang tersebar di tiga daerah. Kampus Mercu Buana ada di Meruya, Menteng, dan Cibubur. Universitas ini baru dibangun pada tahun 1985 tapi sudah menorehkan banyak prestasi.

Prestasi yang diraih oleh mahasiswa Mercu Buana kebanyakan adalah prestasi internasional. Salah satunya adalah juara 1 kompetisi Tokyo untuk kategori lagu daerah atau folklore pada tahun 2018.

Mercubuana mempunyai 14 program studi yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Tidak hanya di Jakarta saja, Mercu Buana juga membuka cabang kampus di Yogyakarta.

 

Dalam memilih universitas swasta terbaik di Jakarta hal terpenting yang harus diperhatikan adalah jurusan atau program studinya. Pastikan Anda memilih program studi yang sesuai dengan minat dan mempunyai masa depan bagus. Kualitas sarana dan akreditasi juga harus Anda pertimbangkan dalam memilih kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *