Apa Itu Air Conditioner dan Manfaatnya

By | August 14, 2018

Air conditioner adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan panas dan sekaligus melembabkan ruangan bagi siapapun yang memiliki alat tersebut. Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut, alat ini dilengkapi dengan kompresor dan sirkulasi pendingin.

Sirkulasi pendingin tersebut memungkinkan untuk menangkap air dalam bentuk gas yang ada di udara dan menekannya menjadi butiran lembut air dalam udara yang kemudian ditekan menuju ke koil evaporator. Di dalam evaporator yang terbuat dari logam memungkinkan adanya pertukaran panas antara udara dengan pendingin yang ada di dalam air conditioner.

Gambar Air Conditioner

Gambar Air Conditioner

Disini sebenarnya dapat dikatakan bahwa fungsi air conditioner adalah tidak hanya berperan sebagai alat pendingin, melainkan juga sebagai alat pelembab dan penyaring udara. Pelembab udara adalah masalah yang krusial terutama bagi daerah yang memiliki kelembaban udara yang sangat minim.

Jadi dengan melakukan instalasi dengan menggunakan air conditioner dapat membantu mencegah kekeringan yang dialami oleh tubuh. Sedangkan fungsi dari

Setelah mengetahui mekanisme dari pertukaran panas yang ada di dalam air conditioner, hal lain yang perlu diketahui dari air conditioner adalah jenis dan tipe Air conditioner yang mana sangat banyak. Namun, produk yang sangat laris adalah air conditioner Gree dan portable.

Air conditioner komersial banyak digunakan oleh orang sebagai pendingin di rumah. Sedangkan air conditioner portable sedang sangat laris dikarenakan sangat mudah dibawa kemana-mana dan juga dapat digunakan dalam berbagai acara special.

Ada banyak sekali variasi brand air conditioner yang terkenal di Indonesia, seperti Daikin, LG, Panasonic, dan Polytron. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari Rp. 4,000,000 – Rp. 23,000,000 untuk Air conditioner split brand Daikin.

Jika Anda menginginkan harga Air conditioner untuk rumah dengan harga yang lebih miring, maka Anda bisa memilih dengan jenis AC Gree. Pada jenis ini, Anda dapat membanderol mulai dari harga sekitar Rp. 2,000,000 – Rp. 16,000,000. Produk inilah yang paling laris digunakan untuk mendinginkan ruangan di rumah.

Sedangkan untuk ruangan seperti aula gedung atau ruangan yang sangat luas dapat menggunakan air conditioner dengan jenis Duct Packaged. Tentu saja harga alat pendingin ruangan dalam gedung ini lebih mahal dibandingkan dengan air conditioner split, karena cakupan daya dingin yang lebih luas. Harganya berkisar pada Rp. 23,000,000 – Rp. 100,000,000 untuk brand Daikin.  

Sedangkan untuk air conditioner standing Daikin berada pada rentang harga Rp. 18,000,000 – Rp. 26,000,000. Air conditioner jenis ini memiliki kisaran berat antara 82 kg sampai dengan 156 kg. Sedangkan untuk air conditioner standing brand LG memiliki kisaran harga antara Rp. 14,000,000 – Rp. 23,000,000. Sedangkan untuk berat berada di rentang 25.3 kg hingga 67 kg.

Air conditioner jenis standing adalah salah satu pendingin yang bisa dibawa kemana saja, sehingga dapat dikatakan sebagai air conditioner portable. Pendingin ini sangat prospek digunakan dalam kegiatan outdoor sekalipun. Bila Anda ingin membandingkan secara lebih mendetail mengenai harga-harga dan spesifikasi lebih lanjut di Daftar Harga AC.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *