Cara Membuat Teks Prosedur Dengan Mudah

By | March 23, 2020

Biasanya teks prosedur ini dibuat untuk mengetahui langkah- langkah cara membuat ataupun juga perintah untuk melakukan sesuatu.

Dengan adanya teks prosedur maka seorang dapat lebih mudah untuk melakukan suatu perintah, karena sudah ada urutan untuk cara melakukannya.

Bagi Anda yang ingin mau membuat teks prosedur, silahkan perhatikan ulasan berikut ini mengenai cara membuat teks prosedur.

Cara Membuat Teks Prosedur Dengan Mudah

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan saat membuat teks prosedur, diantara lain:

#1. Menentukan Tema

Langkah pertama yang harus Anda ketahui saat membuat teks prosedur ialah Anda harus menentukan dulu tema yang akan dibuat.

Dengan menentukan tema lebih awal, maka nantinya akan lebih mudah untuk melakukan langkah selanjutnya.

Sebagai contoh tema yang diambil adalah “ cara memasak tempe goreng “

Anda pun bisa menyesusaikan tema yang cocok sesuai dengan perintah Anda sendiri.

#2. Menentukan Alat yang dipakai

Setelah memilih tema yang akan dibuat pada teks prosedur, maka langkah berikutnya ialah mengidentifikasi alat apa saja yang akan digunakan.

Berikut contoh mengidentifikasi alat yang digunakan dalam cara memasak tempe goreng:

Alat dan bahan:

Wajan

Sotel

Minyak Goreng

Bumbu

Itulah setidaknya contoh mudah nya mengidentifikasi alat dan bahan dalam pembuatan teks prosedur.

#3. Langkah- Langkah Perintah

Setelah menentukan tema dan mengidentifikasi alat atau bahan yang akan digunakan, maka kini saatnya untuk melakukan step langkah apa saja yang sekiranya akan dilakukan.

Sehingga tahap inilah yang merupakan tahap paling penting dari teks prosedur sendiri, karena menjadi tahap penentu faktor keberhasilan dari teks prosedur.

Jadi pada tahap ini harus dijelaskan sedetail mungkin langkah perintahnya dan tidak boleh sampai ada yang terlewatkan perintahnya satupun.

Untuk supaya lebih jelasnya, silahkan perhatikan dari langkah- langkah teks prosedur dibawah ini:

Langkah pertama: Siapkan dahulu bahan- bahan yang akan digunakan, seperti tempe, bumbu, wajan dan minyak goreng.

Langkah ke dua: Setelah menyiapkan bahannya, lalu langkah berikutnya bisa dimulai dengan memanaskan dulu penggorengannya, dengan minyak goreng. Tunggu sekitar 2 sampai 4 menit.

Langkah ke tiga: Sebelumnya, dari langkah kedua tersebut, sambil menunggu penggorengannya panas, maka Andapun bisa sambil menyiapkan adonan tempenya dengan cara mencampur bumbu dengan tempenya.

Langkah ke empat: Setelah dipastikan penggorengan panas, maka kini saatnya untuk memasukan tempe yang sudah dicampur dengan bumbu kedalam penggorengan tadi.

Langkah ke lima: Saat penggorengan maka lakukanlah dengan cara membolak balikan tempe tadi, sepaya bisa mendapatkan gorengan tempe yang maksimal.

Langkah ke enam: setelah dipastikan tempe goreng matang, atau sekitar penggorengan 5 sampai 10 menit dengan sekitar tempe menjadi berubah warna.

Langkah ke tujuh: Langkah yang terakhir Andapun bisa mengangkat tempe goreng ke dalam wadah yang sudah disediakan, dan tempe gorengpun siap untuk disajikand dan di santap dengan nikmat.

Demikianlah beberapa langkah cara membuat teks prosedur dengan mudah, semoga bisa menjadi bermanfaat dan dapat berguna sebagaimana dengan mestinya, dan apabila Anda memerlukan kumpulan referensi contoh teks prosedur, silahkan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *