hoist

Cara Memilih Merk Hoist yang Bagus dan Sesuai

Dalam dunia industri terkhusus pada bidang pergudangan, pabrik atau berbagai industri lainnya yang mengangkat barang maupun benda dengan kapasitas besar pasti membutuhkan alat bantu sebuah hoist. Dengan menggunakan hoist pastinya akan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu memilih hoist yang berkualitas menjadi salah satu kunci untuk membantu pekerjaan Anda akan lebih mudah sekaligus antisipasi apabila terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh alat berat. Untuk itu berikut tips dan cara memilih merek hoist, khususnya katrol listrik atau electric chain hoist di pasaran.

1. Periksa Komponen Pada Electrical Control Hoist, Terutama Pada Bagian Kontraktor

Karena penggunaan hoist untuk membantu pekerjaan yang cukup sering, kontak dari kontraktor haruslah bagus. Oleh karena itu, Anda harus memilih merek kontraktor yang bagus dan terkenal. Misalnya saya merek hoist hitachi, telemecaniqu dan berbagai merek-merek hoist lainnya yang dijual dipasaran. (Cek di: Wira Griya)

Tujuan ataupun cara memilih merek hoist harus jeli pada bagian kontraktor adalah apabila kontraktor rusak kita bisa menggantinya sendiri di pasaran Indonesia. Namun ketika Anda menggunakan merek hoist yang tidak dijual bebas di Indonesia maka kemungkinan besar Anda harus mengubah mounting atau dudukan. Hal tersebut akan berpengaruh besar apabila bedanya terlalu banyak akan membuat kontrol panel tidak bisa menutup.

2. Periksa dan Cek Rantai Hoist Tersebut

Cara memilih merek hoist selainjutnya adalah dengan memeriksa dan mengecek rantai hoist yang akan Anda beli. Rantai merupakan bagian alat yang cukup vital dalam hoist. Oleh sebab itulah, saat kita memilih rantai yang kuat dan tepat akan membantu meminimalisir terjadinya margins error yang disebabkan oleh manusia maupun mesin. Rantai yang bagus akan memiliki standar DIN 5684 part 3 dan sesuai dengan regulasi alat angkat dengan kekerasan G 80.

3. Cek sumber asal pabrik hoist tersebut,
4. Pastikan merek hoist yang Anda beli juga tersedia di negara asal untuk memudahkan saat terjadi kerusakan sperpat
5. Baca secara teliti tentang jenis-jenis garansi yang ditawarkan.

Cara memilih merek hoist diatas bisa Anda praktekkan saat ingin membelinya di kemudian hari. Perlu Anda tahu, bersikap teliti dan berhati-hatilah dalam memilih hoist. Hoist dengan kualitas heavy duty pasti memiliki garansi yang jelas, sertifikat ISO dan lain-lain. Selain itu pastikan juga merek hoist yang Anda pilih memiliki fitur overload protector.

Fitur Overload protector merupakan alat yang dapat mendeteksi kapasitas beban yang diangkut. Apabila kapasitas beban yang diangkat melebihi kapasitas maka hoist tersebut akan berhenti bekerja. Tentunya dengan alat ini Anda bisa lebih meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. 

Selain itu, perlu Anda tahu merek hoist yang berkualitas akan memiliki garansi lama, layanan after sales dan ketersediaan sparepart terjamin. Garansi hoist yang baik biasanya 3 tahun untuk mechanical dan 1 tahun untuk electrical. Jadi, sebelum Anda memutuskan memilih merek hoist untuk membantu pekerjaan di perusahaan, pastikan juga mengetahui reputasi perusahaan tersebut. Jangan terkecoh dengan harga yang murah, karena harga murah belum tentu berkualitas. Jadi, pilihkan perusahaan untuk membeli hoist untuk perusahaan Anda seperti PT wira, karena kualitasnya terjamin dan sudah pasti harga dengan berbagai merek hoist dan kebutuhan juga ada. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *