Cara Memperoleh Ketenangan Hati

By | January 10, 2020

Hal dasar apa yang paling diinginkan oleh semua orang di muka bumi ini?

Hal ini bahkan tidak bisa dibeli dengan milyaran uang. Hal ini juga tidak bisa dikuasai dengan kekuasaan absolut. Dialah ketenangan hati. Kondisi dimana hati merasa tenteram, damai, tenang, nyaman dan selalu bahagia. Kondisi inilah yang selalu diidamkan semua orang.

Tak ada satu orangpun yang ingin hidup dalam kegundahan, kegalauan atau kerisauan. Semua pasti ingin hatinya tenang dan tenteram.

Lalu, bagaimanakah cara kita meraih ketenangan hati?

Cara Mendapatkan Hati yang Tenteram dan Tenang

Tips-Memperoleh-Ketenangan-Hati

Jika uang bisa membeli ketenangan hati, tak akan ada jutawan yang mati bunuh diri. Jika kekuasaan bisa meraih ketenangan hati, tak akan lagi mereka haus akan kekuasaan lainnya. Ketenangan dan ketentraman hati datang dari lubuk hati. Kondisi ini tidak selalu dipengaruhi faktor dari luar.

Sebagai orang islam, kita wajib tahu bahwa datangnya ketenangan hati adalah dari Allah. Oleh sebab itu, lakukan 7 cara berikut supaya hati Anda menjadi tenteram, menjalani hidup dengan tenang dan bahagia. Diantaranya adalah :

1. Selalu Mendekat dan Mengingat Allah

Cara yang paling manjur untuk menentramkan hati adalah dengan mengingat Allah. Ketika kita mengingat Allah, kita sadar bahwa hidup ini hanyalah sementara. Tidak ada yang berlangsung selamanya. Semua akan usai pada waktunya. Pemahaman ini akan menjadikan diri kita lebih tenang.

Bahwa semua hal buruk akan berlalu. Allah pun tidak akan membiarkan kita menanggung beban di luar batas kemampuan kita.

Ketika masalah datang di depan mata, tak ada cara lain selain berserah kepada Allah. Mendekatkan diri pada Allah dan selalu mengingat-Nya adalah cara yang ampuh untuk menenangkan hati.

2. Sholat di Awal Waktu

Sebuah ungkapan bijak menyebutkan bahwa shalat tepat waktu dapat memperbaiki hidup kita. Perbaikilah sholatmu, maka Allah akan memperbaiki hidupmu. Ketika Anda merasa hidup terlalu berat sehingga hati mudah gundah, mungkin ada yang salah dengan shalat Anda.

Cobalah untuk diperbaiki. Shalat di awal waktu akan menjadi titik pusat perubahan hidup Anda. Ketika satu persatu permasalahan terselesaikan, hati akan menjadi tenang bukan?

3. Pandai Bersyukur

Apapun yang terjadi dalam hidup Anda, sudah sepantasnya untuk selalu bersyukur. Bagaimanapun kondisi kehidupan Anda saat ini, bersyukur tetap menjadi suatu hal yang wajib.

Dengan bersyukur berarti kita menerima semua takdir dan garis Allah. Hati pun akan merasa tentram. Hati akan menjadi lebih legowo. Ketentraman dan ketenangan hati akan mudah diraih.

4. Berdoa untuk Memohon Ampunan

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah. Terkadang, dosa dan kesalahan di masa lalulah yang menjadi sumber ketidaktenangan hati.

Kita sering terngiang dan terbayang kesalahan yang dilakukan dahulu. Oleh sebab itu, sering-seringlah memohon ampunan dari Allah. Perbanyak berdoa supaya kesalahan kita di masa lalu dihapuskan.

5. Menjaga Wudhu

Menjaga wudhu merupakan sunnah yang memiliki manfaat sangat banyak ketika dikerjakan. Dengan menjaga wudhu, berarti kita menjaga diri dan tubuh dari hal-hal yang kurang baik.

Wudhu akan menjaga kita untuk tidak melakukan perbuatan dosa. Selain itu, wudhu akan menjadikan hati lebih tentram dan tenang. Wajah Anda akan bercahaya dengan indah.

6. Membaca Surat Yasin

Seperti yang di kutip dari wisatanabawi.com bahwa surat Yasin ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa bagi yang membaca dan mengamalkannya. 

Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al Quran yang sangat dianjurkan untuk dibaca setiap hari.

Surat Yasin yang merupakan surat ke-36 dalam Al Quran dan berisi 83 ayat. Surat Yasin ini jika dibaca setiap malam akan memberikan ketenangan di dalam hati. Menganugerahkan rasa syukur dan bahagia di dalam jiwa. Dengan demikian, hati akan menjadi tenang.

7. Istighfar

Kalimat istighfar juga merupakan cara yang paling singkat dan cepat untuk meraih ketenangan hati. Anda bisa mempraktekkannya secara langsung.

Jika tiba-tiba Anda mengalami sebuah masalah, jangan mengeluh atau marah-marah. Pertama-tama lakukan istighfar berulang-ulang. Sedikit demi sedikit, hati Anda akan merasa jauh lebih tenang, pikiran menjadi jernih sehingga bisa mengatasi masalah dengan kepala dingin.

Ketenangan hati adalah hal utama yang ingin didapatkan manusia. Seseorang menikah karena ingin hidup tenang dan bahagia bersama pasangan. Namun ketika mendapat masalah rumah tangga, hati pasti merasa tidak tenang. Maka dari itu, cara-cara diatas bisa Anda pergunakan untuk meraih ketenangan hati sehingga lebih santai dalam menghadapi suatu apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *