Cara Mencuci Boneka

By | December 18, 2019

Anda mengalami kendala dalam mencuci boneka?

Mencuci boneka bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan menggunakan mesin cuci dan menggunakan tangan biasa.

Perlu diketahui jika pilihan mencuci boneka dengan mesin cuci adalah hal yang praktis, namun perlu diingat tidak semua boneka muat pada tabung mesin cuci dan juga boneka-boneka berbahan tertentu sebaiknya tidak dicuci pada mesin.

Seperti contohnya adalah boneka-boneka berbahan wol, boneka berkancing, boneka dengan isi gabus Styrofoam atau boneka yang sudah kucel dan tidak kokoh. Boneka seperti ini hanya bisa dicuci dengan menggunakan tangan.

Berikut ini akan dijelaskan lebih lanjut cara mencuci boneka menggunakan mesin cuci maupun dengan menggunakan tangan.

1. Mencuci Boneka Menggunakan Mesin Cuci

cara mencuci boneka dengan mesin cuci

Pertama-tama perhatikan terlebih dulu label pada boneka anda apakah menganjurkan menggunakan mesin cuci untuk mencucinya.

Jika terdapat label yang menganjurkan menggunakan mesin cuci, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Jika boneka memiliki aksesoris yang bisa dicopot seperti baju atau celana misalnya, copot bagian tersebut dan pisahkan dari badan boneka. Hal ini dilakukan agar tidak terbelit saat proses pencucian di dalam mesin.
  2. Sebelum mencuci, pastikan boneka tidak rusak seperti berlubang atau kapasnya keluar. Jika terjadi demikian, jahit terlebih dulu dan masukkan kapas agar tidak rusak saat dicuci.
  3. Sebaiknya gunakan kantong cuci atau disebut sebagai laundry net untuk mencuci boneka dan aksesorisnya. Seperti disinggun di atas, pisahkan aksesoris dan badan utama boneka.
  4. Gunakan detergen cair berkualitas, pilih siklus cuci delicate yang memiliki logo bergambar pakaian bayi atau handwash (cuci tangan) dengan air dingin. Sebaiknya jangan menggunakan air hangat untuk mencuci boneka agar boneka awet. Jika harus mencuci dengan pakaian lain, cucilah boneka yang sama dengan warna pakaian yang anda cuci agar tidak kelunturan warnanya.
  5. Setelah selesai, gunakan handuk kering untuk mempercepat proses pengeringan boneka. Caranya yakni bungkus boneka dengan handuk lalu tekan-telan dengan halus agar air keluar. Jangan diperas ataupun dipelintir secara kasar.
  6. Usahakan lakukan pengeringan boneka di ruang terbuka di bawah sinar matahari. Setelah kering, sikat bulu boneka secara lembut.

Hal yang harus Anda ingat saat mencuci dengan menggunakan mesin adalah setting pada pengaturan delicate atau bahan lembut. Pengaturan ini mungkin tak ada di semua mesin cuci. Contoh mesin cuci yang ada pengaturan ini, LG WF-S850CP. Mesin cuci lainnya juga ada, perihal spesifikasi dan fiturnya Anda bisa cek di website review, misalnya rekomended.com. Atau via YouTube juga bisa.

2. Mencuci Boneka Menggunakan Tangan

cara mencuci boneka dengan tangan

Jika boneka tidak muat di mesin cuci, maka hal yang dilakukan adalah dengan mencuci menggunakan tangan.

Berikut cara mencuci boneka menggunakan tangan:

  1. Langkah pertama, larutkan detergen cair sedikit saja dalam air
  2. Pakai sikat gigi bekas untuk menggosok noda yang membandel yang ada pada boneka. Jangan lupa basahi sikat gigi menggunakan larutan detergen.
  3. Setelah disikat, bilas pada bagian boneka yang punya noda membandel. Jangan dibasahi secara kuyup, cukup bilas pada bagian yang terkena noda saja.
  4. Selesai, keringkan pada udara terbuka dan sikat bulunya ketika sudah mongering.

Selain cara sederhana seperti dia atas, boneka bisa dicuci dengan menggunakan langkah yang sedikit berbeda seperti di bawah ini:

  1. Larutkan detergen cair sedikit dalam ember berisi air dingin
  2. Pisahkan aksesoris boneka dnegan badan utama boneka seperti kaos dan celana.
  3. Celupkan boneka hingga terendam seluruhnya pada ember yang sudah dilarutkan detergen. Tekan-tekan secara lembut boneka untuk mengeluarkan kotoran.
  4. Tiriskan boneka, bilas dengan air bersih hingga busanya hilang.
  5. Setelah selesai, tekan-tekan secara lembut kembali boneka untuk mengeluarkan air. Keringkan menggunakan handuk kering, laku keringkan di udara terbuka di bawah sinar matahari.

Demikianlah cara mencuci boneka menggunakan tangan maupun menggunakan mesin cuci. Hal terpenting yang perlu diingat adalah perlakuan lembut pada boneka selama proses pencucian.

Sebaiknya juga baca terlebih dulu label pada boneka untuk mengetahui cara cuci yang paling baik bagi boneka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *