Cara Mengatasi Laptop Asus Lemot

By | November 20, 2019

Asus merupakan salah satu brand yang sudah tidak diragukan lagi. Di pasaran, Asus sangatlah banyak diminati baik dalam kategori laptop maupun smartphone. Apakah Anda adalah salah satu penggemar dan pengguna produk Asus?

Mengenai harga, Asus menyediakan produk mulai dari yang murah, menengah, dan mahal sekalipun. Tentu, setiap harga juga memiliki performa yang berbeda. Semakin bagus performa dan spesifikasi produk tersebut, maka harganya akan semakin mahal.

Jika Anda membeli laptop dengan harga yang relatif murah, maka Anda tidak bisa berharap terlalu banyak terkait performa. Karena spesifikasi yang diberikan juga disesuaikan dengan harga, jadi wajar kalau laptopnya sedikit lemot.

Tapi tidak mengapa, kita membeli laptop kan juga menyesuaikan dana yang kita miliki. Jadi, ketika kita baru mampu membeli laptop dengan spesifikasi standar, maka kita tetap harus mengoptimalkannya agar tidak rugi. Kan sayang, sudah beli tapi tidak digunakan dengan baik.

Solusi Laptop Asus Lemot

Keluhan yang sering muncul pada pengguna adalah laptop yang lemot. Kami yakin, pengguna Asus yang mengeluhkan hal tersebut adalah mereka yang menggunakan laptop dengan spesifikasi kurang, misal RAM cuma 2GB.

Selain RAM, ada faktor lain yang lebih berpengaruh pada laptop ketika lemot, yaitu processor. Processor adalah inti dari sebuah laptop, jadi ketika processornya masih rendah, maka kemungkinan lemot pasti ada.

Asus sendiri memang punya banyak laptop dengan spesifikasi rendah. Mungkin dimaksudkan agar penggemar Asus kalangan menengah bisa menikmati produk buatan mereka. Walaupun spesifikasinya rendah, kualitasnya tidak rendahan kok, tenang saja, kualitas produk Asus itu top.

Tapi tidak usah khawatir, bagi Anda yang menggunakan laptop Asus dengan RAM 2GB ataupun 4GB dan processornya masih rendah, kali ini kami akan memberikan langkah yang direkomendasikan oleh charis.id agar laptop Anda terasa lebih cepat.

Perlu diketahui, Windows terkenal dengan tampilannya yang menarik. Perlu Anda ketahui juga, semua itu membutuhkan resource yang lumayan besar. Untuk itu, kita cukup mematikan visual efek yang cukup memberatkan kinerja laptop.

Windows memang membiarkan kita untuk mengubah sesuaikan pengaturan visual efek sesuai keinginan. Jadi tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal negatif. Untuk mematikan visual efek Windows, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, masuk Control Panel.
  2. Ubah view by menjadi Small Icons lalu pilih System.
  3. Selanjutnya, pilih Advanced system settings.
  4. Pada tab Advanced, lebih tepatnya pada bagian performance, silahkan pilih Settings.cara mengatasi laptop lemot
  5. Pada tab Visual Effects silahkan pilih Custom lalu hilangkan semua centang yang ada atau bisa juga dengan pilih Adjust for best performance. Hal ini bertujuan untuk mematikan semua efek pada Windows.cara agar laptop tidak lemot
  6. Langkah terakhir, klik Apply lalu Ok.

Dengan ini, sekarang laptop Anda akan memiliki kinerja lebih cepat daripada sebelumnya. Efek visual yang sebelumnya memanjakan mata sekarang sudah dimatikan. Sebenarnya efek dari cara ini adalah tampilan Windows sudah tidak se-smooth sebelumnya karena tidak ada efek visual sama sekali.

Jika Anda tetap ingin menggunakan beberapa visual efek, maka Anda bisa mencentang pilihan yang diinginkan. Seperti contoh, Anda ingin tetap menampilkan thumbnail gambar di Windows Explorer, maka Anda harus mencentang Show thumbnails instead of icons.

Perlu Anda ketahui, walaupun sudah melakukan cara di atas, laptop Asus Anda bisa saja masih tetap lemot. Hal ini bisa terjadi karena terdapat virus pada laptop Anda. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan antivirus ataupun melakukan install ulang, bagi yang ingin menggunakan Windows versi terbaru, maka pilihannya adalah Windows 10.

Oh ya, jika RAM laptop masih di bawah 4GB, disarankan untuk menggunakan Windows 10 32-bit saja agar tidak terlalu berat. Karena jika dipaksakan menggunakan Windows 10 64-bit, bisa-bisa malah tambah lemot laptop Anda.

Mungkin hanya ini saja artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda meningkatkan performa laptop Asus agar tidak lemot.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *