Cara Mengatasi Stres

By | December 12, 2019

Rutinitas yang membosankan dan tuntutan-tuntutan pekerjaan yang mengekang membuat banyak orang mengalami tekanan-tekanan baik fisik maupun mental.

Hal tersebut bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit, salah satu nya adalah stres.

Stres dapat membuat orang menjadi cemas, gelisah, mudah marah dan selalu berpikir negatif dan memberikan dampak-dampak yang negatif pada seseorang.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi stress agar hidup bisa jadi lebih menyenangkan, bahagia dan nikmat untuk di jalani.

1. Pahami penyebab stress yang kamu alami

Semua manusia pasti mempunyai permasalahannya masing-masing yang di hadapi.

Hal tersebut yang terkadang bisa membuat orang menjadi stres.

Untuk mengatasi stress, hal yang harus kalian lakukan adalah pahami dan cari tahu apa yang menyebabkan stres.

Setelah mengetahui permasalahan yang mengakibatkan kamu stress, selanjutnya kamu bisa mencari solusi dalam menghadapi permasalahan tersebut.

2. Melampiaskan perasaan yang terpendam

Terkadang terdapat perasaan yang mengganggu pada diri kita yang bisa menghambat hidup menjadi tidak produktif.

Perasaan tersebut muncul mungkin karena ada problem yang ada diri yang belum di selesaikan, problem tersebut terjadi mungkin karena ada masalah dengan sahabat kamu, rekan kerja kamu, keluarga kamu atau pun di lingkungan-lingkungan yang lain.

Kamu bisa melampiaskan perasaan-perasaan tersebut salah satunya adalah dengan curhat kepada teman kamu, hal itu bisa mengurangi stres yang kamu alami, karena ada sedikit perasaan yang kamu pendam sudah dilampiaskan dengan berbagi cerita dengan teman atau pun sahabat kamu.

3. Berolahraga

Olahraga adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan berolahraga kalian bisa sehat baik secara fisik maupun secara mental.

Karena manfaat dari kegiatan olah raga ini dipercaya salah satunya adalah untuk meredakan stress.

4. Melakukan kegiatan hobi yang disukai

Kegiatan-kegiatan yang kita sukai memang membuat kita terkadang lupa waktu karena kita melakukan kegiatan tersebut dengan perasaan senang dan bahagia.

Hobi dari setiap orang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, ada yang mempunyai hobi mancing, membaca, belanja di mall, berkebun, memasak atau pun yang lain.

Dan semua hobi itu baik karena bisa merangsang otak kita dan tubuh kita menjadi rileks.

Dengan melakukan hal ini, kita bisa sejenak mengistirahatkan penatnya otak kita.

Permasalahan-permasalahan yang sedang dialami sejenak terlupakan dan bisa membuat kita lebih bisa berpikir positif.

5. Luangkan waktu untuk me time

Meluangkan waktu sedikit untuk diri sendiri mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi stres yang dihadapi.

Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri kamu bisa mengistirahatkan diri dan pikiran dari tekanan-tekanan dari luar yang terkadang membuat beban pikiranmu semakin bertambah.

6. Istirahat yang cukup

Mengatur waktu istirahat dengan waktu kerja secara proporsional merupakan hal yang penting.

Kurangnya waktu istirahat bisa menjadi salah satu penyebab stres, karena tubuh dan pikiranmu digunakan secara terus menerus dan memaksa kamu mengeluarkan tenaga yang berlebih.

Kurangnya istirahat bisa berakibat negatif baik secara fisik maupun secara mental, secara fisik tubuhmu akan menjadi lelah yang menyebabkan daya tahan tubuh mudah untuk terserang penyakit.

Sedangkan secara mental dengan kurangnya istirahat pikiranmu menjadi terbebani dan hal tersebut bisa menjadi pemicu stres.

7. Berlibur

Liburan atau travelling menjadi salah satu alternatif pilihan untuk mengurangi stres.

Kamu bisa meluangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh dan otak dari rutinitas pekerjaan yang membosankan.

Dengan berlibur bisa membuat kamu lebih rileks dan lebih tenang, sehingga kamu bisa lebih semangat dan tetap berpikir positif untuk menyongsong hari esok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *