Cara Menghitung CC Motor

cara menghitung cc motor

Pada kesempatan kali ini, mamangbengkel akan mengulas tentang komponen yang berada di dalam mesin. Ya ring seher, ring seher merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting bagi mesin motor.

Sayangnya, walaupun ring seher adalah salah satu komponen penting, tapi diluaran sana masih ada para pengendara tidak memperhatikan hal ini. Misal contohnya seperti ini, ada beberapa sepeda motor 4 tak yang mengeluarkan asap dari knalpotnya.

Sedangkan untuk 4 tak sendiri sebenarnya tidak mengeluarkan asap seperti motor 2 tak pada umumnya, apakah kamu mengetahui apa penyebabnya motor 4 tak bisa mengeluarkan asap putih  di bagian knalpot? 

Penyebab keluarnya asap putih dari knalpot itu ada 2 penyebabnya, yang pertama adalah ring seher yang sudah haus, dan yang kedua adalah asupan konsumsi bahan bakar yang melebihi rata-rata sehingga busi harus melakukan pembakaran yang berlebihan.

Namun, biasanya untuk motor 4 tak standar tidak akan mengalami asupan konsumsi bahan bakar yang berlebihan, terkecuali motor tersebut sudah di bore-up sehingga menghasilkan konsumsi bahan bakar yang cukup besar.

Lantas apa penyebab motor 4 tak standar bisa mengeluarkan asap putih? Penyebabnya tentu saja pada ring seher yang sudah haus. Berikut ciri-ciri ring seher yang sudah haus dan harus diganti dengan yang baru.

Penyebab Ring Seher Bisa Aus…???

Hal ini ada kaitannya dengan kinerja mesin, seher adalah komponen mesin yang bekerja naik turun di dalam blok silinder. Agar seher bisa bergerak di dalamnya, maka diameter dari seher tersebut harus mempunyai ukuran yang lebih kecil dari diameter blok silinder.

Tapi, kali ini muncul masalah baru yang disebabkan perbedaan antara diameter seher dan silinder. Perbedaan tersebut bisa memberikan celah yang mana celah tersebut dapat mengakibatkan kebocoran pada bagian kompresei motor.

Maka dari itu, adanya tiga buah ring dipasang pada dinding seher untuk digunakan sebagai pelindung celah-celah yang ada agar tidak terjadinya kebocoran pada bagian kompresi motor.

Dikarenakan letak ring seher dibagian seher, maka setiap seher tersebut bergerak ke bagian atas dan bawah, dengan otomatis ring tersebut akan ikut mengikutinya. Gerakan dari kerja seher ini tentunya akan menimbulkan gesekan ring dengan blok silinder.

Gesekan-gesekan tersebut nantinya akan menimbulkan keausan pada ring seher. Namun sebenarnya hal ini bisa sekali diatasi, dengan kita mengganti oli motor secara rutin, maka keasuan pada ring seher tersebut tidak akan pernah terjadi.

Jadi penyebab ring seher cepat harus itu dikarenakan si pemilik motor tidak melakukan penggantian oli secara rutin.

Ciri-Ciri Ring Piston Aus

Banyak sekali cir-ciri ring seher yang sudah haus, oleh karena itu di sini saya akan memberi informasi mengenai seperti apa ciri-ciri ring seher yang sudah haus. Berikut informasinya, simak baik-baik ya.

Oli Mesin Boros

Seharusnya fungsi dari ring seher ini untuk merapatkan celah antara seher dan blok silinder supaya tidak ada oli yang mengalir dari blok ke ruang bakar. Akan tetapi jika ring seher tersebut haus, maka oli akan mudah mengalir masuk ke dalam ruang bakar.

Keluar Asap Putih dari Knalpot

Seperti yang sudah saya bahas pada tulisan di atas bahwa keluarnya asap putih dari bagian knalpot adalah disebabkan dari oli yang masuk ke ruang bakar dan terbakar, itulah akibatnya jika ring seher sudah haus.

Suara Mesin Kasar

Bila mesin motor itu normal dan tidak terjadi kerusakan pada bagian komponennya, maka suara yang dihasilkan oleh mesin tersebut akan terdengar halus. Berbeda dengan mesin yang komponennya sudah ada yang rusak, maka suara mesin pun akan terdengar kasar jika motor di hidupkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *