Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe dan Seledri

By | May 12, 2018

Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe dan Seledri

Asam Urat merupakan kondisi terjadinya penumpukan kristal asam urat pada persendian, kondisi ini menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan dan peradangan. Penyebab penyakit asam urat adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan zat purin yang tinggi.

Zat purin adalah zat yang ditemukan beberapa jenis makanan dana minuman seperti daging, jeroan, ikan, dan minuman bersoda. Terlalu banyak zat purin dalam tubuh tidak dapat dicerna oleh organ ginjal dan menyebabkan penumpukan cairan asam urat pada persendian, cairan ini lah yang lama-kelamaan akan mengkristal.

Selain menghindari makanan pantangan asam urat, Anda juga dapat melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mengobati asam urat dengan jahe dan seledri Sebagaimana dikutip dari SteptoHealth.com.

Cara Mengobati Asam Urat dengan Jahe dan Seledri

Bahan-bahan :

  • 1 Buah Mentimun
  • 2 Tangkai Seledri
  • 7 Ons Jahe
  • 1 Buah Jeruk Nipis
  • 1 Gelas Air

Manfaat bahan-bahan alami diatas dalam mengatasi asam urat adalah :

1. Mentimun

Mentimun memiliki sifat diuretik dan kandungan cairan mentimun dapat membantu kebutuhan cairan tubuh. Hal ini tentu saja baik untuk mengeluarkan asam urat dalam darah. Mentimun merupakan sayuran yang rendah lemak dan pendamping sempurna dalam menu diet Anda.

2. Seledri

Seledri dapat menyegarkan tubuh Anda dan meng-hidrasi tubuh Anda. Selain sebagai salah satu bumbu masakan, seledri juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat dalam darah. Seledri dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dan merangsang fungsi liver.

3. Jahe

Jahe sangat baik untuk mengatasi rasa nyeri dan peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Food and Chemical Toxicoloy Magazine pada 2010 silam, mengungkapkan, jahe kaya akan kandungan senyawa kimia 6-Sogaol. Senyawa ini dapat meredakan peradangan yang disebabkan pengkristalan asam urat.

4. Jeruk Nipis

Kandungan alkaline dalam jeruk nipis dapat mengatasi asam urat berlebih dalam darah. Mengonsumsi jeruk nipis dapat menyingkirkan kristal asam urat yang menumpuk disekitar persendian. Selain itu, kandungan vitamin dan nutrisi jeruk nipis baik bagi kesehatan.

5. Air

Memenuhi kebutuhan cairan delapan gelas perhari membantu Anda untuk mengeluarkan racun ditubuh yang dapat menganggu kesehatan Anda.

Cara Membuat Ramuan Jahe untuk Asam Urat:

  • Cuci Bersih Mentimun, Seledri dan Jahe
  • Kupas Kulit Mentimun dan Potong Kecil Mentimun
  • Masukan Seluruh Bahan ke dalam blender dan campurkan air serta perasan jeruk lemon ke dalamnya.
  • Blender Hingga Halus dan Tambahkan Es sebelum di Minum.

Mengonsumsi ramuan diatas dapat mengatasi masalah pencernaan dan membantu tubuh dalam mengeluarkan asam urat dalam darah dan kristal asam urat pada persendian. Ramuan diatas juga dapat membantu fungsi organ liver yang dapat membantu mengatasi peradangan.

Demikian pembahasan mengenai cara mengobati asam urat dengan jahe dan seledri. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai pengobatan herbal untuk asam urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *