cara-menulis-essay

Cara Menulis Essay

Teks essay merupakan karya tulis yang berdasarkan hasil dari pemikiran penulis itu sendiri. Teks essay ini mempunyai sifat tulisan yang subjektif sehingga harus mengandung opini yang jelas serta dapat mudah dipahami. Tidak hanya itu saja, akan tetapi teks essay ini harus didukung oleh fakta dan data yang ada.

Untuk Anda yang ingin memulai untuk menuliskan teks essay ini, apakah sudah tau terkait struktur yang harus ada didalam penulisannya?

Jika belum, alangkah baiknya untuk Anda simak dulu ulasan berikut ini mengenai cara menulis essay dengan benar, supaya nanti langkah penulisannya bisa lebih mudah dan tidak mengalami kesulitan.

Cara Menulis Essay Dengan Mudah

Ada beberapa tahapan, ketika saat akan menuliskan teks essay, yaitu sebagai berikut ini.

#1. Tentukan Tema

Hal yang pertama sebulum melakukan menulis teks essay yaitu Anda harus diminta untuk menentukan dulu tema apa yang akan dituliskan.

Sehingga ketika Anda sudah mendapatkan tema yang akan dibahas, nantinya akan dapat lebih mudah dalam penulisannya, fokus lebih terarah dalam pembahasan dan tidak melebar kemana-mana.

#2. Membuat Kerangka Tulisan

Hal yang kedua yang dapat Anda lakukan dalam menuliskan teks essay adalah membuat kerangka tulisan terlebih dahulu.

Dengan adanya kerangka tulisan Anda bisa mempermudah dalam memetakan gagasan atau topik yang akan dituliskan. Gagasan dapat Anda tuliskan ke dalam wujud catatan kalimat- kalimat pendek ataupun diagram.

Untuk supaya dapat memperbanyak gagasan, Anda hendaknya giat untuk membaca serta mengakses data informasi yang masih terkait pembahsannya dengan teks essay yang akan Anda tuliskan. Tidak hanya pada buku saja, akan tetapi banyak juga artikel- artikel di internet untuk dijadikan sebagai sumber yang baik buat memperoleh inspirasi.

#3. Jabarkan Tulisan Essay

Setelah mendapatkan berbagai sumber dan membuat kerangka tulisan, maka cara membuat essay berikutnya adalah menjabarkan atau menguraikan tulisan teks essay itu sendiri.

Pada tahap ini Anda diminta untuk menuliskan semua gagasan atau paparan terakait isi yang ada pada topik teks essay yang Anda bahas.

Dan pastikan juga saat menuliskan teks essay pada setiap paragrafnya terdapat bagian-bagian penting atau topik pembahasan yang jelas serta mudah dimengerti.

#4. Menuliskan Pendahuluan

Dalam menulis teks essay memang sedikit berbeda dengan yang lainnya, ini dikarenakan lebih untuk mudah dipahami apabila sudah menuliskan semua isi teks essay kedalam tulisan.

Sehingga hal yang Anda harus lakukan setelah menjabarkan tulisan isi teks essay maka langkah selanjutnya adalah menuliskan pendahuluannya, supaya lebih tepat dan bisa mengantarkan sipembaca untuk mudah dipahami.

#5. Menuliskan Kesimpulan

Setelah isi teks essay serta pendahuluan ditulis, maka langkah terakhir yang dapat dituliskan adalah kesimpulan teks essay.

Kesimpulan teks essay bisa Anda tuliskan saat akhir penulisan, supaya mendapatkan akhir kesimpulan teks yang sempurna, karena sudah menuliskan dan memahami dari isi teks dan pendahuluan yang ditulis.

Begitulah cara menulis essay yang dapat kami sampaikan, namun jika Anda masih merasa kurang paham, maka kami sarankan untuk melihat referensi tentang contoh essay terlengkap!, agar pemahaman Anda terkait dengan teks essay bisa lebih mendalam dan mudah untuk dipraktekan untuk menulis teks essay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *