Cara Update Driver Laptop

By | November 25, 2019

Driver merupakan sebuah program yang memiliki fungsi untuk menghubungkan hardware dengan sistem operasi. Seperti contohnya VGA, jika driver VGA belum diinstall pada laptop, maka laptop tersebut tidak bisa mendeteksi kartu grafis.

Oleh karena itu, setiap melakukan instalasi sistem operasi, pasti akan dilanjutkan dengan install driver, entah itu menggunakan DVD maupun menggunakan software DriverPack yang bisa diunduh secara online.

Namun, walaupun driver sudah terinstall, biasanya pengembang akan melakukan update secara berkala, jadi mau tidak mau kita sebagai pengguna laptop harus melakukan update driver juga. Update ini digunakan untuk memperbaiki bug pada versi sebelumnya.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwasannya driver merupakan komponen yang sangat penting. Selain itu, melakukan update driver juga harus dilakukan agar tidak ada hardware yang mengalami masalah.

Nah, bagi Anda yang mungkin mengalami kesulitan untuk melakukan update Driver laptop, Piwiq akan bagikan caranya berikut ini.

Update Driver Laptop Tanpa Ribet

Untuk melakukan update driver laptop, kita bisa menggunakan beberapa cara, berikut diantaranya:

1. Melalui Website Resmi

Setiap laptop, biasanya akan memiliki website resmi. Pada website tersebut, umumnya berisi informasi terkait laptop terbaru yang akan rilis ataupun informasi terkait support software seperti driver. Nah, kita bisa memanfaatkan website resmi laptop untuk melakukan update driver.

Jika ingin menggunakan cara ini, maka hal wajib yang harus Anda miliki adalah kuota internet yang cukup banyak. Atau kalau ingin sedikit hemat, Anda bisa numpang wifi tetangga atau menggunakan wifi.id dengan bayar Rp5000 untuk 12 jam.

Untuk langkahnya cukup mudah, Anda tinggal mengunjungi website resmi dari laptop Anda lalu cari bagian driver. Atau kalau mau ingin lebih mudah, silahkan ketikkan saja di Google, seperti contoh Driver Asus.cara update driver windows

Setelah masuk ke websitenya, Anda tinggal mencari driver sesuai tipe laptop Anda. Setelah driver berhasil didownload, langsung saja lakukan instalasi driver. Jika proses instalasi sudah selesai, lakukan restart ulang agar driver baru bisa segera berfungsi.

2. Menggunakan Windows Update

Windows Update merupakan salah satu fitur Windows yang digunakan untuk memperbaharui keseluruhan software, termasuk driver. Fitur ini tersedia pada semua versi Windows, baik itu Windows 7, 8, maupun Windows 10.

Ketika ingin menggunakan langkah ini, maka kami sarankan Anda memakai koneksi wifi saja. Kalau pakai kuota internet, ditakutkan bakal habis banyak. Soalnya kita tidak pernah tahu berapa jumlah update yang dilakukan Windows.

Untuk melakukan langkah ini, caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengetikkan Update di kolom pencarian Windows. Setelah masuk ke pengaturan Update, silahkan klik Check fot Update.

cara update driver

Setelah itu, Windows akan melakukan pengecekan update apakah ada pembaharuan yang harus dilakukan. Setelah itu, silahkan tunggu prosesnya sampai selesai.

3. Menggunakan Driver Pack

Selain untuk melakukan install driver secara otomatis, DriverPack juga bisa digunakan untuk update driver pada laptop. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis, baik itu yang online installer maupun offline installer.

Versi terbaru DriverPack adalah 17. Namun, bagi Anda yang ingin sedikit menghemat space hardisk, maka Anda bisa menggunakan DriverPack versi 13 ataupun 14. Untuk menggunakannya juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah di bawah ini.

Pertama, silahkan download DriverPack terlebih dahulu, jika sudah langsung dibuka saja. Tunggu beberapa saat, setelah itu langsung klik Install autoatically dan tunggu proses instalasi driver selesai.

update driver laptop

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk update driver laptop.

Demikian artikel yang bisa kami sampaikan terkait cara update driver laptop. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *