Ciri Ciri Cerpen

By | November 22, 2019

Cerpen merupakan cerita pendek yang menceritakan sebuah kisah atau tokoh yang inspiratif yang dimuat dengan singkat dan jelas. Sehingga ketika seseorang yang akan membaca cerita pendek tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama.

Menariknya cerita pendek ini sangat digemari oleh masyarakat terkhusus pada kalangan anak-anak hingga dewasa karena ceritanya yang menghibur dan asik.

Adapun bagi Anda yang belum mengenali cerita pendek itu seperti apa, maka lebih baik untuk memahami terlebih dahulu ciri ciri cerpen dibawah. Berikut ini akan kami ulas satu per satu mengenai ciri ciri yang ada pada cerita pendek.

Ciri Ciri Cerpen Yang Mudah Dipahami

Alur Cerita Hanya Satu

Ciri yang pertama yang dapat pahami yaitu cerpen hanya memiliki satu alur saja. Sehingga cerita pendek yang telah tersaji tidak memiliki alur alur yang bercampuran dan lebih terarah. Jadi cerita yang terjadi awal hingga akhir cerita selesai dengan bahasan yang sama sampai penyelesaiannya.

Jika Anda ingin mengetahui kumpulan inspirasi lainnya tentang cerpen silahkan kunjungi: Cryptowi.com

Alur Cerita Pendek

Salah satu ciri dari cerpen yang mudah cepat dipahami adalah cerita yang pendek dan tidak bertele-tele hingga belasan hingga puluhan lembar halaman. Pada umumnya cerita pendek ini tersaji hanya sekitar tiga sampai sepuluh halaman saja.

Bisa Dibaca Dalam Satu Waktu

Maksut dari ciri bisa dibaca dengan satu waktu adalah cerita pendek ini bisa dibaca dengan hanya satu kali aktifitas Anda, misalhnya dengan hanya satu kali duduk, atau aktifitas yang lain. Sehingga tidak membutuhkan waktu yang begitu lama untuk membaca cerpen hingga selesai.

Cerpen yang Bersifat fiktif

Ciri ciri cerpen yang dapat Anda pahami berikutny adalah cerpen memiliki sifat yang fiktif, sehingga alur dari cerita pendek tersebut bisa jadi hasil pemikiran pengalaman si penulis atau karangan yang menginspirasi. Maka biasanya alur cerpen tersebut tidaklah terjadi dalam kehidupan nyata.

Cerpen Tidak Lebih dari 10 Ribu Kata

Tidak dipungkiri bahwa memang cerpen tidak diharuskan untuk melebihi dari Sepuluh ribu kata, akan tetapi dari cerita pendek yang telah ada rata-rata cerpen tidak ada yang lebih dari Sepuluh ribu kata. Maka bisa disimpulkan bahwa cerpen hanya maksimal jumlah kata Sepuluh ribu.

Alur Cerita Maju

Alur yang terdapat pada cerpen adalah maju, sehingga cerita tersebut menceritakan dari awal permasalahan cerita hingga penyelesaian cerita. Alur yang sesuai dengan pokok permasalah, waktu dan kronologi yang lurus atau maju.

Ada Masalah dan Penyelesaian

Ciri yang terdapat pada cerpen berikut adalah memiliki permasalahan atau konfik dan juga ada penyelesaian. Maka cerita yang ada pada cerpen tersebut tersaji dengan jelas apa yang sedang terjadi permasalah hingga penyelesaiannya.

Menggunakan Kata Yang Sederhana

Cerita pendek memiliki ciri yang khas, yaitu menggunakan kata-kata yang sederhana. Berbeda halnya dengan puisi, sehingga cerita pendek ini akan lebih mudah untuk dipahami oleh orang yang baru membaca cerpen.

Terdapat Pesan Yang Bisa Diambil

Menariknya ketika seseorang akan membaca cerpen maka akan selalu mendapatkan pesan atau amanat yang terkandung didalamnya. Sehingga ini bisa membuat seorang pembaca cerpen tersebut menjadi bisa ketagihan.

Penokohan Yang Sederhana

Ciri ciri yang terakhir yang dapat Anda pahami adalah tokoh yang terkandung didalam cerita pendek tersebut sangat sederhana, beda halnya dengan cerita lainnya seperti novel. Maka dapat diartikan penokohan yang ada di cerpen tidak mendalam tetapi singkat.

Itulah mengenai beberapa ciri ciri cerpen yang bisa untuk Anda pelajari, sehingga nantinya Anda tidak akan lagi bingung untuk membedakan cerpen atau bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *