Contoh Teks Eksplanasi

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang Contoh Teks Eksplanasi beserta dengan struktur. Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai contoh teks eksplanasi, ada baiknya jika kita mengerti terlebih dahulu apa itu teks eksplanasi.

Seperti dikutip dari pintarnesia.com Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan mengenai proses atau pun tahapan bagaimana dan mengapa terjadinya suatu peristiwa atau fenomena yang berkaitan dengan alam, ilmiah, sosial, dan budaya.

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang suatu proses yang saling terhubung dengan fenomena seperti fenomena alam, budaya, sosial, ilmu pengetahuan dan fenomena lainya.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Ada beberapa struktur teks eksplanasi yang perlu kalian ketahui, sebelum menyimak contohnya. Berikut ini adalah strukturnya:

 

Pernyataan Umum

Pada bagian ini berisi tentang pernyataan umun tentang suatu masalah yang akan dibahas pada teks eksplanasi.

 

Urutan Sebab Akibat

Bagian ini berisi tentang urutan sebab akibat peristiwa, dimana proses terjadinya peristiwa dari awal hingga akhir.

 

Interpretasi

Adalah bagian yang berisi mengenai kesimpulan tentang suatu topik yang telah dibahas pada teks eksplanasi.

 

 

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bencana Alam

Longsor adalah sebuah peristiwa dimana terjadinya pergerakan tanah dan bebatuan atau gumpalan besar tanah yang jatuh.

Tanah longsor secara garis besar bisa terjadi karena 2 (dua) faktor, yakni faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut, sedangkan faktor pendorong adalah faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri.

Di negara Indonesia sering terjadi tanah longsor. Kebanyakan disebabkan oleh gempa, sehingga menggerakan lempeng bawah tanahdan mengakibatkan elemen atau lempeng bawah menjadi tergeser sehingga menyebabkan pecahan dan terjadi longsor.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan dan memicu terjadinya longsor. Baik itu dikarenakan alam atau karena ulah manusia itu sendiri. Hal yang bisa menyebabkan longsor yang dikarenakan alam, seperti tingginya curah hujan. jika musim penghujan dengan durasi lama maka akan terjadi penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah yang besar.

Setelah penguapan maka akan muncul rongga tanah, lalu terjadi retakan di permukaan. Lalu saat hujan turun akan menyusup ke bagian retakan dan air masuk, sehingga terakumulasi di bagian dasar lereng. Dan menimbulkan gerakan lateral, kemudian terjadilah longsor.

Untuk pencegahan longsor bisa dibantu dengan menggunakan pohon, karena akar pohon banyak membantu dengan cara menyerap air sehingga bisa meminimalisir terjadinya longsor.

Beberapa poin diatas adalah beberapa penyebab terjadinya longsor, akibat dari bencana tersebut tentu tidak sedikit kerugian yang dirasakan, selain itu ada juga kerugian yang berbentuk korban jiwa.

Sangat jarang orang dalam longsor bisa menyelamatkan diri, karena kecepatan tanah longsor diperkirakan kecepatannya mencapai 100km/jam, keceptan yang mustahil untuk orang berlari tanpa peralatan.

Jika kalian mendengar suara gemuruh yang besar, maka segeralah berlari menuju ketempat atau wilayah yang memiliki dataran yang stabil. Jangan pergi berlari ke pinggir jurang karena itu sama saja seperti bunuh diri.

 

Nah, itulah contoh teks eksplanasi yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel contoh teks eksplanasi bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *