Era Digital

Kita sudah sampai pada masa dimana hampir semua bidang dimudahkan dengan adanya teknologi, khususnya internet. Orang-orang biasa menyebutnya dengan era digital, bahkan pemerintah juga sudah pernah mendaklarasikan keinginannya untuk merevolusi semua industri ke tahapan yang lebih tinggi, yakni Industri 4.0.

Bagaimana rasanya hidup di era digital yang semua serba cepat, mudah dan instan. Teknologi menjadi alat yang mampu membantu sebagian besar kebutuhan manusia. Bagi kebanyakan anak-anak jaman now, internet seakan-akan menjadi kebutuhan primer.

Mereka banyak menghabiskan waktu di depan Smartphone maupun komputer dari pada melakukan aktivitas diluar ruangan. Teknologi telah dapat digunakan oleh manusia untuk mempermudah melakukan tugas maupun pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki era digital.

Pengertian Era Digital

Era digital merupakan sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Misalnya, dimana semua orang-orang dapat saling berkomunikasi sedemikian dekat walaupun merekan saling berjauhan.

Selain itu, kita juga dapat dengan cepat mengetahui informasi tertentu bahkan secara real time. Istilah era digital juga bisa di artikan sebagai munculnya teknologi digital yang menggantikan teknologi-teknologi yang sebelumnya sudah digunakan oleh manusia. Era digital merupakan era yang serba menggunakan teknologi.

Peralihan masa teknologi mekanik dan elektro analog ke era digital disambut dengan sangat baik oleh masyarakat, serta perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat berbagai kemudahan bisa kita rasakan bahkan tanpa ada batasan lagi. Yang dulunya hanya bersifat lokal sekarang sudah beralih ke cakupan yang lebih luas, bahkan sampai global.

Perkembangan Era Digital

Harus kita akui bahwa teknologi digital sekarang bisa memberikan beberapa kemajuan untuk masyarakat Indonesia. Meskipun dari segi infrastruktur kita masih jalan dengan terseok-seok, hal ini juga telah didukung dengan atusiasme masyarakat untuk hidup bersandingan dengan teknologi digital.

Beberapa orang mengatakan bahwa Indonesia memang terlambat dalam mengadopsi teknologi, khususnya adah teknologi internet. Namun yang kita lihat sampai sejauh ini, masyarakat bisa dengan sangat cepat menerima perkembangan yang ada dan masuk didalamnya.

Pada awal masa peralihan ke era digital dimana media masa mentransformasikan aktivitasnya kedalam bentuk digital. Mereka yang dulunya rutin mengeluarkan editorial dalam cetakan, kini mulai menghentikan proses tersebut dan beralih menggunakan platform online seperti halnya website dan platform berbagi video lainnya.

Mendidik Anak di Era Digital

Sebagai orang tua, kita dituntut untuk beradaptasi dengan era digital dan membantu anak kita belajar tentang cara berinternet yang sehat. Namun dengan banyaknya Aplikasi dan konten baru yang muncul setiap harinya, bagaimana caranya mendidik anak dengan tepat tanpa terlalu mengekangnya.

Membesarkan anak di era digital saat ini bisa menjadi sesuatu yang menantang sekaligus menakutkan bagi banyak orang tua. Dengan kebebasan yang ditawarkan oleh internet, anak-anak bisa mempelajari banyak hal dan mengeksplor berbagai minatnya. Di sisi lain, keamanan mereka di internet menjadi kekhawatiran kita.

Sembari menghabiskan waktu dan memantau mereka, ajarkan pula mengenainya pentingnya internet sehat. Tunjukkan kepada anak Anda cara menggunakan berbagai Aplikasi dan situs online dengan aman. Jika anak-anak Anda mengerti cara kerja internet, mereka akan lebih siap untuk menangani situasi yang mungkin bisa muncul di masa depan saat mereka sudah dewasa nantinya.

Perilaku Konsumen di Era Digital

Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukan oleh konsumen ketika ingin menilai, mencari, menggunakan, membeli, memberikan evaluasi dan menghabiskan produk dengan tujuan pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.

Perilaku konsumen juga bisa diartikan sebagai studi tentang individu-individu, kelompok maupun organisasi mengenai segala kegiatan yang berkaitan dengan pembelian, penggunaan atau pun pembuangan barang atau jasa.

Perkembangan era digital yang begitu pesat berdampak pada hampir sebagian besar kehidupan. Termasuk pada perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja.  Hal ini tentu harus disadari oleh para marketer, sehingga strategi yang ditetapkan dalam mengembangkan usaha bisa kompatibel dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan tersebut.

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Digital

Perubahan pasti akan menghasilkan nilai-nilai baru. Begitu juga dengan banyaknya teknologi era digital yang hidup berdampingan dengan kita saat ini. Berikut damapak positif dan negatif yang kami kutip dari Konektifa :

Dampak Positif:

  • Pertumbuhan e-bisnis mengalami peningkatan dengan sangat cepat, contohnya seperti jasa service HP yang saat ini sudah menggunakan website.

  • Banyak alternatif pembelajaran yang bisa diakses oleh masyarakat.

  • Penggunaan teknologi di era digital membuat terjadinya banyak inovasi yang sangat mempermudah pekerjaan.

  • Kulitas SDM meningkat secara signifikan akibat mudahnya untuk melakukan edukasi.

  • Masyarakat sekarang menjadi lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi.

  • Distribusi informasi berjalan dengan cepat, bahkan hitungan menit saja.

Dampak Negatif:

  • Adanya kemungkinan untuk menyalah gunakan pengetahuan yang sudah dimilik untuk kejahatan, contohnya seperti hacking, manipulasi data, dll.

  • Adanya kecenderungan untuk menginginkan sesuatu yang serba instant , dan tingkat konsentrasi menurun.

  • Kemungkinan untuk terjadinya pelanggan HKI (Hak Kekayaan Intelektual), hal ini terjadi karena mudahnya mendapatkan informasi sehingga banyak orang yang melakukan plagiarsme.

Itulah ulasan yang membahas tentang era digital. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *