Gua Pawon

By | December 23, 2019

Gua Pawon Bandung adalah sebuah destinasi wisata di Bandung yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat, bahkan keberadaannya juga mungkin tidak diketahui oleh banyak orang. 

Tapi taukah anda ternyata goa pawon ini dikenal sebagai sebuah situs purbakala yang begitu fenomenal di kota Bandung. 

Namun, meskipun menjadi sebuah peninggalan sejarah yang begitu fenomenal goa pawon ini tetap kalah pamor dengan wisata bandung lainnya seperti Gunung Tangkuban Perahu, Situ Patenggang dan banyak lainnya. 

Dan pada artikel kali ini, kami akan sedikit mengulas mengenai Goa Pawon ini, sehingga banyak orang yang tau ternyata di Bandung ada sebuah situs purbakala yang hingga kini masih sangat terjaga keasriannya. 

Review Goa Pawon Bandung

Gua Pawon Bandung

Gua Pawon Bandung

Goa Pawon Bandung ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang berada di kota Bandung, selain liburan di tempat ini kamu jugua bisa sambil belajar mengenai sejarah yang ada di sekitar Goa Pawon ini. 

Wisata Goa Pawon ini masih sangat asri dan belum banyak terjamak oleh wisatawan sehingga anda bisa liburan dengan tenang di tempat ini. 

Selain itu di Goa Pawon ini juga terdapat karangka manusia purba yang berumur lebih dari 9500 th, masya allah. 

Lokasi Goa Pawon Bandung

Goa Pawon Bandung ini berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat -/+ sekitar 25km dari pusat kota Bandung. 

Atau jika ingin lebih cepat anda bisa mengikuti arahan google maps berikut ini. 

Rute Menuju Gua Pawon Bandung

Untuk bisa sampai ke gua pawon ini bagi anda yang berdomisili diwilayah kota Bandung dan sekitarnnya bukanlah hal yang sulit, anda bisa datang ke Terminal bus di Bandung, kemudian naik bus yang mengarah ke Jakarta, Cianjur dan Bogor, yang dimana Bus tersebut melewati Jalur Padalarang. 

Kemudian anda bisa turun di Jalan Raya Bandung – Cianjur, tepatnnya didaerah Citatah. 

Dari desa Citatah ini kamu tinggal tanya warga sekitar untuk bisa diantarkan ke “Situs Sejarah Gua Pawon” 

Atau jika ingin lebih mudahnnya, anda bisa langsung bilang ke kenet bus turun di wisata “Situs Sejarah Gua Pawon”  maka nanti anda akan diantarkan hingga kedepan pintu gerbang masuk ke situs sejarah gua pawon. 

Harga Tiket Masuk Gua Pawon

Untuk harga tiket masuknnya sendiri masih FREE alias GRATIS jadi anda tidak perlu dipungut biaya, paling biaya yang perlu anda keluarkan itu untuk naik bus, ataupun biasa nggojek dari jalan besar / jalan provinsi menuju Gua Pawon hargannya sebesar Rp. 10.000/ojek

Fasilitas di Gua Pawon Bandung

Untuk fasilitas yang disediakan di Gua Pawon ini masih sangat minim, karena memang gua pawon ini belum seterkenal wisata di Bandung lainnya, namun anda tidak perlu khawatir karena tidak jauh dari Goa Pawon, ada sebuah desa yang dimana anda bisa meminta untuk memenuhi kebutuhan anda selama berkunjung di Gua Pawon. 

Selain dipenuhi dengan berbagai cerita sejarah ternyata Gua Pawon ini juga memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa, hamparan area persawahan akan membius pandangan anda ketika berkunjung ke Gua Pawon Bandung. 

Itulah sedikit informasi mengenai Gua Pawon Bandung, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman teman semua terimakasih. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *