Makanan Berbahan Dasar Aci

By | November 30, 2019

Bagi kamu pecinta kuliner Indonesia pasti sering mendengar kata aci, lalu ada yang tahu kira-kira apa itu aci? Nah aci ini hanya lah sebutan bagi tepung tapioka atau tepung kanji. Orang-orang Jawa Barat lebih menyebut tepung taipoka sebagai aci.

Kira-kira aci ini terbuat dari apa? Bagi kamu yang belum tahu, aci atau tepung tapioka ini adalah sejenis tepung yang terbuat dari sari pati umbi akar pohon yaitu singkong. Singkong ini diolah sedemikian rupa atau diekstrak sehingga diperoleh patinya.

Tepung tapioka atau aci ini banyak digunakan sebagai bahan makanan tertentu, umumnya digunakan sebagai bahan membuat camilan, termasuk juga makanan tradisional. Saat ini penggunaan aci terus berkembang dan membentuk makanan-makanan yang enak.

Jawa Barat atau Sunda merupakan daerah yang banyak menggunakan aci sebagai bahan dasar untuk membuat makanan. Misalnya seperti Cireng, cilok, batagor, dan sebagainya.

Agar lebih tau lebih, mari simak macam-macam makanan berbahan dasar aci yang enak. Dikutip dari website makanan terlengkap di Indonesia yaitu foodnesia.net, simak ulasan berikut ini:

Cilok

cilok bandung dari aci enak

resepimasakan.net

Makanan berbahan dasar aci yang pertama adalah cilok. Makanan ini berasal dari daerah Jawa Barat. Dinamakan cilok karena merupakan singkatan dari aci dicolok. Cilok ini berbentuk bulat, sangat empuk dan kenyal ketika digigit. Untuk cocolok atau tusukannya biasanya terbuat dari bambu yang dipotong kecil-kecil seperti tusukan sate.

Cara pembuatan cilok yaitu dengan cara membuat adonan aci yang dicampur dengan air dan bumbu tertentu yang kemudian dibentuk bulat sebesar kelereng atau sebesar apapun tergantung selera. Kemudian direbus di dalam air mendidih hingga matang dan berkembang. Umumnya cilok ini diberi isian berupa daging atau cukup berupa lemak daging. Tetapi sekarang sudah berkembang, cilok ada yang berisi keju, mozzarella, daging ayam, abon, dan lain-lain.

Cireng

cireng enak

review.bukalapak.com

Selanjutnya masih dari daerah Jawa Barat, yaitu Cireng. Cireng ini merupakan singkatan dari aci digoreng. Cireng ini memiliki cita rasa yang khas, dengan tekstur yang garing dan kenyal, biasanya dicelupkan ke dalam sambal atau saus kacang.

Cara pembuatan cireng ini juga terbilang sangat mudah. Kamu cukup membuat adonan yaitu campuran aci, daun bawang, garam, serta rempah-rempah tambahan. Adonan ini disiram dengan air putih hangat, kemudian campur aduk hingga merata. Jika sudah maka adonan ini dibentuk sedemikian rupa secantik mungkin. Jika sudah maka tinggal goreng saja.

Cimol

cimol endol

sajiansedap.grid.id

Makanan berikutnya yaitu cimol. Cimol ini adalah singkatan dari aci digemol. Digemol sendiri artinya diemut yang merupakan cara makannya yang diemut karena bentuknya yang kecil.

Cimol ini berbentuk bulat seperti cilok tetapi lebih kecil, kemudian cara memasaknya yaitu digoreng seperti cireng. Cara pembuatannya sama seperti cireng, yaitu dengan cara membuat adonan terlebih dahulu. Adonan ini adalah campuran aci, terigu, garam, bawang, rempah, kemudian ditambahkan air dan diaduk hingga merata. Setelah itu adonan dibentuk bulat-bulat kecil, kemudian digoreng dalam minyak panas.

Jika sudah jadi, hidangkan cimol ini dengan ditaburkan bumbu seperti bumbu bubuk pedas atau bumbu bubuk keju, barbeque, balado, atau yang lain sebagainya.

Cilor

cilor aci endol

review.bukalapak.com

Cilor adalah singkatan dari aci dan telor. Seperti biasa, cilor dibuat dari adonan aci. Aci yang sudah dibuat adonan kemudian dibentuk bulat kecil, setelah itu direbus. Setelah direbus maka butiran aci ini kemudian ditusuk menggunakan bambu. Satu tusuk bisa berisi 3-5 bulatan aci. Setelah ditusuk kemudian dicelupkan ke dalam adonan telur, lalu kemudian digoreng menggunakan minyak panas hingga matang.

Cara makannya biasanya cukup dibaluri atau dicelupkan ke dalam saus tomat, baru deh dimakan.

Cipuk

cipuk cireng kerupuk dari aci

tokopedia.com

Makanan ini juga berbahan dasar aci. Dinamakan cipuk karena merupakan singkatan dari aci dan kerupuk. Pembuatannya seperti biasa yaitu adonan aci yang dicampur dengan kerupuk mentah yang sudah direbus mirip kerupuk seblak.

Adonan aci dan kerupuk tadi kemudian dibentuk sedemikian rupa kemudian digoreng hingga matang. Cara menyajikannya cukup dengan saus tomat saja sudah terasa nikmat.

Bakso Aci

baso aci nikmat bandung

instagram.com/bogoreatery

Bakso aci ini adalah makanan berikutnya yang berbahan dasar aci. Meskipun pada kenyataannya tidak 100% menggunakan aci, tetapi dicampur dengan tepung sagu dan sedikit daging.

Makanan ini dibuat untuk menekan biaya, jika bakso menggunakan adonan daging sehingga biaya pun semakin tinggi, maka si bakso aci ini menggunakan aci sehingga biayanya semakin murah.

Untuk rasanya sendiri jangan diragukan, bakso aci juga sangat enak tidak kalah dengan bakso biasanya. Yang terpenting kuah pada bakso aci ini juga harus enak.

Batagor

batagor endol

pegipegi.com

Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan ini tidak secara langsung menambahkan nama aci, tapi pada adonan yang dibuat untuk membuat batagor ini terdapat tambahan aci.

Adonan aci ini biasanya dimasukkan ke dalam tahu, atau adonannya langsung dibentuk dan kemudian digoreng. Agar rasanya lebih enak dan wangi, maka adonan aci ini biasanya dicampur dengan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *