Manfaat Kopi

By | July 3, 2018

Kopi adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh orang di dunia. Salah satu penellitian oleh Asosiasi Kopi Nasional di Amerika bahkan merilis bahwa 50% orang dewasa meminum kopi setiap hari. Hal itu bagus karena manfaat kopi tidak hanya untuk mencegah ngantuk seperti yang sudah dikenal, namun juga beragam manfaat bagi kesehatan jika diminum secara rutin.

Kandungan Gizi yang Terdapat pada Kopi

  1. Vitamin B-2

Nama lain dari vitamin B-2 adalah riboflavin yang berfungsi sebagai oksidasi-reduksi. Fungsi ini bagus untuk diet karena dapat memecah nutri yang masuk ke dalam tubuh. Kekuarangan vitamin ini akan merugikan seperti infeksi pada lidah, bibir pecah-pecah, dan kulit yang kusam. Meminum kopi adalah salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin B-2.

  1. Vitamin B-5

Menurut Pusat Medis Universias Maryland, asam pantotenik atau vitamin B-5 bermanfaat untuk menopang lancarnya pencernaam dan menjaga kesehatan tubuh melalui eksresi. Selain itu, vitamin B-5 juga membantu produksi sel darah merah, menyembuhkan luka. Kopi menjadi minuman yang mengandung vitamin ini.

  1. Kalsium

Meski jumlahnya di dalam kopi tidak besar, namun kalsium adalah mineral penting yang berfungsi sebagai sinyal untuk komunikasi antar sel dalam tubuh. Dengan jumlah kalsium yang cukup, maka anda akan terhindar dari risiko osteoporosis an juga gagal ginjal. Konsumsilah kopi bersamaan dengan sumber kalsium lain seperti susu.

  1. Magnesium

Mineral ini juga terkandung dalam kopi meski jumlahnya tidak banyak. Magnesium adalah mineral esensial yang fungsinya memproduksi energi sel, kontraksi otot, melindungi jantung dan juga menyehatkan tulang serta gigi. Konsumsi kopi bersama roti gandum di pagi hari dapat menjadi pilihan karena magnesium terdapat dala kedua bahan tersebut.

  1. Trigonelline

Kandungan yang bersifat anti bakteri ini membantu untuk mencegah gangguan gigi. Jumlahnya sangat tinggi pada kopi Arabica ketimbang Robusta. Trigonelline juga berperan dalam tambahan aroma kopi yang unik. Kandungan trigonelline akan hilang saat kopi dipanggang dalam waktu yang lama. Semakin lama, kandungannya semakin sedikit.

  1. Asam klorogenik

Asam klorogenik terdapat pada kopi yang dipanggang maupun yang tidak. Sifatnya yang fenolik memainkan peran sebagai antioksidan, anti bakteri dan juga anti inflamasi. Sifat ini yang menjadi unggulan karena dapat melawan diabetes, menaikkan aktivitas metabolisme tubuh dan juga mengekang kandungan lemak berlebih dalam tubuh.

  1. Fenol

Kandungan fenol terbanyak alah hidroksinamik yang merupakan antioksidan aktif dalam kopi. Fenol ini adalah agen oksidasi yang begitu kuat yang dapat menetralisir radikal bebas dan menekan efek dari stress oksidatif dalam tubuh.

  1. Caffeine

Caffeine adalah antioksidan yang merupakan ciri khas dari kandungan kopi. Menurut studi, kandungan caffeine dalam kopi mampu mengatasi sakit kepala, mencegah diabetes dan juga membantu mengurangi berat badan. Kandungan ini lebih banyak ditemukan dalam kopi dibandingkan minuman lain seperti teh.

Berikut adalah Manfaat Kopi untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Membantu proses diet

Tahukah anda bahwa kopi dapat mengurangi nafsu makan? Meskipun tidak sebagai pengganti makanan, manfaat kopi untuk diet adalah mampu menstimulasi energi dan panas melalui proses termogenesis. Siklus ini membuat konsumennya malas untuk makan karena merasa sudah kenyang.

Dalam sebuah jurnal epidemiologi, responden sebanyak 93,000 orang yang seluruhnya peminum kopi terhidar dari risiko diabetes dan juga obesitas. Namun patut dicatat bahwa konsumsi ini adalah konsumsi kopi tanpa gula berlebih seperti frapuccino. Penambahan susu tidak masalah selama tidak berlebihan karena jumlah kalori dalam susu cukup banyak.

  1. Mencegah kambuhnya asma

Salah satu obat asma ialah kandungan theophylline yang dapat merelaksasi otot, menekan respon inflamasi dan juga mencegah saluran pernafasan pada paru-paru menyempit. Kopi mengandung theophylline sehingga manfaat kopi untuk asma mampu membantu para penderita asma yang sering kambuh.

Beberapa ilmuwan menemukan bahwa manfaat kopi mampu membantu untuk mengatasi beragam gejala asma karena kandungannya mirip dengan obat. Namun, kopi tetap bukanlah pengganti obat asma. Minuman kopi hanya sebagai pendamping yang bisa dilakukan di rumah. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

  1. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat kopi untuk bekas jerawat ialah menghilangkannya dengan cara scrub. Kandungan kopi yang kaya akan caffeine dan antioksidan adalah alasan mengapa caffeine banyak digunakan sebagai bahan utama dalam produk kosmetik. Selain menghilangkan bekas jerawat, kopi juga mampu menhilangkan keriput pada wajah.

  1. Bagian dari terapi diabetes

Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana tubuh anda tidak menggunakan insulin dengan baik sehingga level gula darah anda menjadi naik. Manfaat kopi untuk diabetes adalah menurunkan kadar gula dalam darah selama anda tidak menggunakan gula ketika mengonsumsinya. Kopi sangat baik bagi para penderita diabetes tipe 2.

Ada sebagian orang yang meyakini bahwa manfaat kopi untuk batu ginjal adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Namun, penelitian malah bertentangan dengan hal ini. Kopi malah menyumbang terbentuknya pengkristalan batu pada ginjal. Sehingga, penderita gagal ginjal sebaiknya tidak meminum kopi.

Masih banyak manfaat kopi bagi kesehatan meski minuman ini hanya sering dikaitkan dengan pencegah ngantuk atau teman mengobrol di kafe. Anda bisa menggunakan manfaat ari minuman ini untuk memelihara kesehatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *