Mengobati Darah Tinggi dengan Bahan Alami

By | July 23, 2018

Mengobati tekanan darah tinggi dengan bahan alami

Tekanan darah tinggi hampir-hampir tidak menunjukan gejala yang tampak secara kasat mata, satu-satunya cara untuk memantau kondisi Anda dalam dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah Anda. Selain itu, penting sekali untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti rutin melakukan olahraga dan menjauhi makanan pantangan darah tinggi.

Untuk mengobati tekanan darah tinggi, umumnya dokter Anda menganjurkan perubahan gaya hidup dan meresepkan beberapa obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah Anda. Namun, tahukah Anda terdapat bahan alami untuk menurunkan tekanan darah Anda jika dikonsumsi dengan benar.

Bahan-bahan berikut ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penting untuk diketahui bahwa bahan-bahan berikut ini masih dalam tahap penelitian para ahli, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk meneliti sejauh mana efektivitas tanaman herbal berikut untuk mengatasi tekanan darah tinggi beserta efek sampingnya.

Simak penjelasan cara mengatasi tekanan darah tinggi secara alami berikut ini.

Mengobati Darah Tinggi dengan Bahan Alami

1. Kemangi

Kemangi merupakan salah satu lalapan yang digemari di Indonesia, namun tahukah Anda bahwa kemangi memiliki manfaat untuk mengobati tekanan darah tinggi?.

Daun kemangi memiliki kandungan zat kimia yang bernama Eugenol dapat mencegah terjadinya pengentalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah. Oleh karenanya, jangan singkirkan daun kemangi dari menu harian Anda.

2. Kayu manis

Kayu manis merupakan bumbu dapur lainnya yang memiliki manfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah study yang dilakukan pada tikus mengungkapkan bahwa ekstrak kayu manis dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Meski dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa diperlukan study lanjutan untuk mengetahui dampak kayu manis pada kesehatan pembuluh darah Anda.

3. Kapulaga

Ramuan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah tanaman kapulaga. Dalam sebuah study yang dilakukan pada 20 orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi dengan memberikan mereka 1,5 gram bubuk kapulaga yang diminum dua kali sehari selama 12 minggu mengalami penurunan darah tinggi yang signifikan.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan bubu kapulaga pada masakan Anda.

4. Bawang Putih

Herbal alami untuk menurunkan hipertensi lainnya adalah bawang putih. Bawang putih miliki senyawa nitric oxide yang dapat menenangkan dan melebarkan pembuluh darah Anda sehingga menurunkan tekanan pada pembuluh darah.

Anda dapat menelan bawang putih mentah secara langsung, atau campurkan pada makanan.

5. Jahe

Jahe juga merupakan tanaman herbal yang bermanfaat untuk menurunkan gejala darah tinggi. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan ramuan jahe dapat menenangkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Meski perlu penelitian yang lebih jauh untuk mengukur efektivitasnya pada manusia, konsumsi jahe secara periodik untuk kesehatan Anda secara umum.

6. Seledri

Seledri banyak digunakan pada menu masakan Indonesia, daun seledri telah lama digunakan di Tiongkok untuk pengobatan tekanan darah tinggi.

Seledri dapat menjaga metabolisme tubuh Anda dan menyebabkan diuretik yang artinya Anda akan sering buang air kecil. Kondisi ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah Anda.

Konsumsi seledri sebagai bahan masakan atau sebagai campuran jus.

7. Lavender Prancis

Keharuman bunga lavender tidak hanya baik untuk sebagai penyegar dan mengusir nyamuk. Dalam beberapa penelitian menyebutkan ekstrak lavender Prancis dapat menurunkan tekanan darah dan menormalkan detak jantung Anda.

Meski orang-orang masih familiar dengan penggunaan bunga lavender sebagai campuran makanan, tidak ada salahnya membuat ramuan herbal dari daun lavender.

8. Daun Hawthorn

Daun dan batang Hawthorn telah sejak lama digunakan sebagai pengobatan hipertensi di Tiongkok. Pada penelitian yang dilakukan membuktikan klaim tersebut karena menunjukan manfaat dalam kesehatan pembuluh darah, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah pengerasan pembuluh darah, dan menurunkan kolesterol.

Konsumsi air rebusan daun dan batang hawthorn untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi Anda.

9. Flaxseed

Flaxseed atau biji rami kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi 30 – 50 gram flaxseed selama 12 minggu dapat membantu menghindarkan Anda penyakit kardiovaskular. Flaxeseed dapat mengurangi kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah dan berperan sebagai antioksidan.

Demikian pembahasan mengenai mengobati tekanan darah tinggi dengan bahan alami, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi penyaki hipertensi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *