Oleh-Oleh Khas Malaysia Terbaik

Oleh-Oleh Khas Malaysia

Melancong ke negeri Jiran akan kurang tanpa berburu buah tangan. Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Malaysia mulai dari makanan, minuman instan, pakaian, hingga hiasan rumah.

Namun satu yang praktis dibawa dan menggugah selera adalah makanan. Apalagi Malaysia memiliki banyak jenis snack dengan rasa yang super lezat dan bentuk yang unik.

Berikut ini dikutip dari blog Visaloka, 10 jajanan khas Malaysia yang wajib dijadikan oleh-oleh.

  1. Coklat Durian

Durian Malaysia terkenal lezat saat dimakan langsung ataupun sebagai isian coklat. Kamu wajib banget membeli coklat durian sebagai oleh-oleh karena cita rasanya beda dari coklat biasa.

  1. Beryl’s Choco

Tidak ada yang menolak lezatnya Beryl’s choco khas negeri Jiran. Coklat berbentuk bulat dan bertekstur lembut ini memiliki isian yang bervariasi seperti raisin dan almond.

Kemasannya beragam ada yang berbentuk sachet kecil, sachet besar, dan kaleng kotak. Agar irit bagasi, sebaiknya pilih saja yang kemasan sachet. Isinya pun cukup banyak.  

  1. Penang White Curry Mee

Kari khas Malaysia merupakan oleh-oleh yang menarik tapi tidak bisa disimpan lama. Solusi terbaik adalah menggantinya dengan mie instan rasa white curry.

Rasa mie instan produksi Ibumie ini selezat rasa kari asli. Ditambah lagi kuahnya cukup kental dan gurih. Kemasannya sangat praktis dan bisa dibawa dalam jumlah yang banyak sekaligus.  

  1. Ipoh White Coffee

Sesekali bawalah pulang minuman populer di Malaysia yaitu Ipoh White Coffee. Keunggulannya adalah rasa yang manis, tekstur yang ringan, dan aroma yang tercium khas.  

  1. Teh Boh

Tidak terlalu suka kopi? Maka ganti saja dengan minuman teh serbuk terkenal yaitu Teh Boh. Diproduksi oleh salah satu perkebunan terbesar di Malaysia sehingga mutunya terjamin.

Varian rasanya cukup banyak yaitu green tea latte, teh tarik, camomile, lychee rose, black tea, mango, vanila, campuran lemon dan jahe, dan sirih purut.  

  1. Dodol Malaysia

Bedanya dengan dodol Indonesia adalah dari bentuk dan rasa. Dodol khas Malaysia memiliki bentuk seperti segitiga mini. Sedangkan rasanya adalah perpaduan antara durian dan kelapa.

  1. Roti Jala

Jika suka dengan camilan kering yang unik, maka pilihlah roti jala. Bentuknya berupa gulungan kecil dan memiliki tekstur berlubang mirip jala. Biasanya dimakan dengan saus kacang atau kari.

  1. Kek Lapis Serawak

Lapis Malaysia patut dimasukkan dalam daftar oleh-oleh. Biasanya, kek lapis hanya disajikan pada saat acara spesial seperti idul Fitri, pesta ulang tahun, dan pesta pernikahan.

Rasanya lezat dan teksturnya empuk. Permukaan lapis dibuat bermotif dan berwarna-warni. Kamu bisa memilih varian rasa yaitu original, jeruk, stroberi, coklat hazelnut, dan asam manis.

  1. Keropok Lekor

Jika ingin jajanan yang gurih asin, maka bawa saja keropok lekor. Bentuknya hampir mirip seperti pempek lenjer. Bahan pembuatnya adalah sagu, ikan, gula, dan garam.

  1. Kuih Kapit

Jajanan ini mirip dengan semprong khas Indonesia. Hanya saja kuih kapit digulung menyerupai bentuk segitiga mini dan memiliki motif yang cantik pada permukaannya.

Bahan pembuatnya adalah tepung, telur, dan gula. Saat dicicipi, kuih kapit terasa renyah dan cukup nagih. Cocok dibawa pulang ke Indonesia untuk dinikmati bersama keluarga. 

10 pilihan jajanan tersebut bisa kamu jadikan referensi oleh-oleh khas Malaysia. Walaupun jenisnya ada yang ditemukan di Indonesia tapi cita rasa yang dimunculkan pasti berbeda.

Selalu cek tanggal kadaluwarsa dari setiap produk yang tertera di kemasan. Kalau perlu tanyakan ke penjual apakah produk akan tetap terjaga kualitasnya saat sampai di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *