Pengertian Akuntansi

By | November 22, 2019

Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa akuntansi adalah aktifitas yang hanya mencatat keuangan saja. Tapi kenyataannya tidak seperti itu, masih banyak hal yang terkait dengan akuntansi sehingga banyak juga yang belum mengenal apa itu pengertian akuntansi secara detail.

Mengenal bahasa akuntansi tidaklah gampang, terbukti juga sebagian orang masih juga harus berkali-kali memahami tentang akuntansi secara umum.

Berikut ini akan kami ulas secara detail mengenai pengertian akuntansi baik menurut para ahli maupun pengertiannya secara umum.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Dalam bahasa inggris Akuntasi ialah ‘’ Accounting ‘’ yang berarti menghitung. Ketika saat menjalankan suatu usaha bisnis pasti tidak akan lepas dengan aktifitas akuntansi, supaya agar lebih tertata dalam pengelolaan keuangan usahanya baik itu skala individu maupun perusahaan.

Bahwa proses akuntansi ialah aktifitas yang dimulai dengan mencatat, mengelompokkan, kemudian diolah hingga menjadi informasi. Proses mencatat aktifitas keuangan ini hanya dilakukan oleh orang yang sudah benar-benar mempunyai keahlian sehingga ketika informasi yang sudah diolah dapat menyimpulkan untuk mengambil keputusan-keputusan yang terkait.

Secara umum maka pengertian dari akuntasi adalah sebuah sistem informasi yang bertugas mengelola segala aktifitas yang berhubungan dengan keuangan, kemudian bisa memberikan laporan dalam pengelolaan baik itu pada perusahaan atau individu.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Sebagian para ahli juga mempunyai pendapat mengenai akuntansi.

Accounting Principle Board

Akuntasi ialah sesuatu kegiatan ataupun peristiwa untuk menyajikan data yang bersifat sistematis dimana data tersebut menjadi peran utama didalam ekonomi perusahaan yang digunakan untuk mengambil keputusan.

Sophar Lumbantoruan

Menurut sophar akuntansi ialah sebagai alat bahasa dalam bisnis yang hanya dapat dimengerti oleh para akuntan sudah berkompeten.

Dr. M.Gede

Akuntasi merupakan ilmu pengetahuan atau seni pencatatan yang dicoba secara terus menerus sesuai dengan ketentuan sistem. Sehingga ketika saat pengolahan analisa catatan bisa tersusun dalam wujud laporan keuangan.

Menteri Keuangan

Akuntansi merupakan suatu proses mengumpulan, menganalisa, mengklarifikasi, mencatat kemudian melaporkan dan diringkas transaksi keuangannya menjadi kesatuan ekonomi. Sehingga dari proses pengolahan data tersebut dapat digunakan untuk pengambilan sesuatu keputusan.

Rudianto

Akuntansi merupakan sistem informasi yang bisa menyampaikan atau menciptakan laporan keuangan perusahaan yang ditujukan kepada pihak yang bersangkutan dengan aktivitas ekonomi dan kondisi usaha bisnisnya.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Ternyata setiap pengertian dari akuntasi memiliki arti yang berbeda-beda, seperti akuntansi keuangan yaitu merupakan bagian dari akuntansi yang masih berhubungan saat penyajian laporan keuangan industri kepada pihak eksternal seperti (pemegang saham, investor, kreditur, supplier, pemerintah) yang berbentuk laporan neraca rugi laba.

Sangat dianjurkan ketika usaha yang akan Anda mulai untuk segera memahami sistem akuntansi. Karena peran akuntansi keuangan ini sangat penting didalam usaha baik diperusahan atau indivu. Supaya usaha yang akan Anda mulai lebih terkontrol oleh pihak internal maupun eksternal.

Terlebih jika Anda ingin menjadi perusahaan yang besar, maka juga perlu yang namanya pihak eksternal seperti invetor dan lain-lain.

Dengan adanya akuntansi keuangan ini bisa untuk menjadi lebih meyakinkan usaha Anda kepada pihak eksternal karena akuntasi keuangan ini bisa terkontrol dari pihar luar.

Sehingga akuntansi keuangan ini bisa dapat lebih memudahkan pihak eksternal untuk mengetahui segala aktifitas ekonomi keuangan yang ada pada perusahaan.

Mengenai ulasan beberapa pengertian dari akuntansi diatas semoga bisa menambah ilmu pengetahuan Anda terkhusus didalam dunia akuntansi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *