Pengertian-Etika-Bisnis

Pengertian Etika Bisnis

Istilah bisnis cenderung  sudah tidak asing lagi bagi siapapun. 

Sehingga,  istilah bisnis banyak digunakan oleh masyarakat, jika merujuk suatu usaha.

Namun, dalam bisnis pun cenderung ada etika yang harus dipakai. Hal ini agar bisnis dapat berjalan dengan baik.

Lantas apa pengertian etika bisnis? Silahkan perhatikan dengan baik pada penjelasan berikut ini yang telah kami simpulkan dari sumber referensi Bisabisnis.id.

Pengertian Etika Bisnis

Para pelaku bisnis tentu sangat menghargai etika yang berkaitan dengan bisnis.

Bisnis sendiri telah menerapkan etika untuk mengatur kegiatan bisnis antara individu, perusahaan, dan masyarakat. Etika bisnis juga mencakup tentang nilai, normal, dan perilaku dalam bisnis.

Meski etika di bidang ini tidak tertulis seperti Undang-undang atau semacamnya, tetapi etika ini telah terpatri dalam diri setiap orang yang terlibat dalam bisnis, mulai dari karyawan hingga kolega bisnis. Untuk itu, penting bagi pelaku bisnis mengetahui etika.

Pengertian Etika Bisnis Menurut para Ahli

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, etika tentang bisnis tidak diatur secara tertulis. Tetapi, beberapa ahli membuat definisi tentang etika ini.

1. Hill dan Jones

Menurut Hill dan Jones, etika dalam bisnis adalah bentuk aturan untuk membedakan hal yang salah dan benar dalam bisnis. Dengan adanya aturan itu, para pelaku bisnis mendapat bekal untuk membuat keputusan yang strategis tanpa mengesampingkan masalah moral.

2. Bertens

Bertens mengungkapkan bahwa etika dalam bisnis bahkan lebih luas dari hukum itu sendiri. Dalam hukum tidak seluruh aturan bisnis tertuang di dalamnya. Karena, pada praktiknya, ada banyak hal tak terduga yang hanya bisa diatur oleh etika dalam bisnis.

3. Brown dan Petrello

Menurut Brown dan Petrello, bisnis tak ubahnya seperti sebuah lembaga yang di dalamnya terdapat banyak pihak. Berjalan atau tidaknya jenis lembaga ini, tergantung dari kebutuhan masyarakat yang menjadi target pasar.

Jika kebutuhan target pasar meningkat, maka aktifitas bisnis akan meningkat pula. Tetapi hal yang sama juga berlaku jika target pasar menurun.

Prinsip Etika Bisnis

Untuk menjalankan etika bisnis, perlu adanya prinsip yang harus dipegang. Ini disebabkan tanpa sebuah prinsip maka akan sulit untuk menjalankannya.

Berdasarkan hal tersebut, prinsip dalam etika sangat penting. Lantas apa saja prinsip dalam menjalankan etika bisnis?

1.  Kepercayaan

Kepercayaan dalam bisnis itu penting. Karenanya, rasa percaya terhadap mitra bisnis termasuk ke dalam aspek etika dalam bisnis. Etika yang baik dapat ditunjukkan melalui sikap saling percaya dan mematuhi perjanjian atau ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

2. Tanggung jawab

Bisnis bukanlah aktifitas yang remeh temeh. Pelaku bisnis harus memilih rasa tanggung jawab yang besar. Bisnis berkaitan dengan banyak pihak seperti pemegang saham, karyawan, hingga lingkungan tempat diproduksinya barang atau jasa.

Dalam membuat kebijakan, pelaku bisnis harus memperhatikan semua aspek tersebut. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan dengan keputusan pelaku bisnis.

3. Menjaga lingkungan

Pelaku bisnis yang baik adalah mereka yang selalu memperhatikan aspek lingkungan.

Perhatikan baik-baik aspek ini, apalagi jika barang atau jasa Anda berkaitan dengan ekosistem alam. Lakukan analisis dampak lingkungan jika hal tersebut diperlukan.

Manfaat Etika Bisnis

Ketika dapat melakukan prinsip umum etika dalam bisnis, maka Anda akan mendapat banyak manfaat. Berikut penjelasannya.

1. Manajemen yang lebih baik

Jika Anda dan tim Anda berhasil melakukan prinsip umum dari etika dalam bisnis, manfaat pertama yang akan didapat yaitu manajemen yang lebih baik. Karena semua lini berjalan dengan lancar, maka efektifitas kinerja pun akan didapat sehingga kualitas bisnis meningkat.

2. Patuh terhadap aturan

Manfaat tersembunyi lainnya yaitu sikap patuh terhadap aturan. Jika implementasi etika dalam bisnis berhasil dilakukan, pihak-pihak yang berkaitan dengan sendirinya akan patuh terhadap aturan dalam bisnis atau lembaga tersebut.

3. Meningkatnya reputasi bisnis

Dampak terbaik dari implementasi etika dalam bisnis yaitu meningkatnya reputasi bisnis. Sebelumnya, manajemen yang baik telah tercipta. Di saat yang sama, kepatuhan para pelaku bisnis terhadap aturan meningkatkan reputasi bisnis atau perusahaan.

Berdasarkan pemaparan di atas, mengetahui pengertian etika bisnis, prinsip, maupun manfaat etika bisnis sangatlah penting. Dengan begitu, hal tersebut perlu diingat agar dalam menjalankan bisnis tidak menyalahi aturan, sehingga Anda maupun pelanggan Anda sama-sama merasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *