Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan : Pengertian, Unsur, dan Contohnya

Indonesia adalah salah satu Negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kebudayaan? Berikut ulasan lengkap mengenai pengertian, unsur dan contoh kebudayaan yang ada di Indonesia.

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Kata kebudayaan sendiri diambil dari bahasa sansekerta  “buddhayah” yang artinya hal-hal yang memiliki arti budi dan akal manusia. Artinya, dengan budi dan akal, manusia dapat melangsungkan kehidupan. Kebudayaan bersifat turun temurun, yaitu diwariskan dari generasi awal ke generasi selanjutnya.

Pengertian kebudayaan secara umum yaitu hasil dari cipta, rasa dan juga karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang kompleks. Ruang lingkupnya mencangkup banyak aspek kehidupan seperti keyakinan, pengetahuan, seni, susila, hukum adat dan kebiasaan.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Definisi tentang kebudayaan juga dikemukakan oleh para ahli. Berikut beberapa pendapat dari para ahli tentang kebudayaan.

1.  Koentjaraningrat

Menurut beliau, kebudayaan adalah keseluruhan perilaku dari manusia dan hasil yang diperoleh melalui proses belajar dan semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat.

2.Ki Hajar Dewantara

Pengertian Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara, yaitu sebagai buah budi manusia yang merupakan hasil dari dua pengaruh yaitu alam dan kodrat masyarakat.

3. Dr. Mohammad Hatta

Beliau mendefinisikan kebudayaan sebagai ciptaan hidup dari suatu bangsa.

4. Haji Agus Salim

Menurut H.Agus Salim, kebudayaan merupakan persatuan dari istilah budi dan daya agar menjadi makna satu jiwa yang tidak dapat dipisahkan.

5. Effat al-Syarqawi

Pengertian kebudayaan menurut beliau adalah sebuah khazanah sejarah bangsa yang mencerminkan pada pengakuan nilai-nilai didalamnya.

Unsur Unsur Kebudayaan

Kebudayaan secara keseluruhan memiliki unsur-unsur tertentu, diantaranya yaitu :

1. Unsur Bahasa

Bahasa adalah suatu pengucapan baik dan indah dalam elemen kebudayaan. Bahasa terbagi menjadi dua, yaitu bahasa ucapan dan tulisan.

Contohnya, di Indonesia memiliki banyak adat istiadat dan suku. Ada Batak, Bugis, Sunda, Jawa, dan lain-lain. Semua memiliki bahasa yang berbeda-beda

2. Sistem Kepercayaan

Sistem kepercayaan merupakan salah satu bagian yang penting karena menjadi pegangan oleh manusia dalam menjalani kehidupannya. Contohnya, Rizki tinggal di Aceh yang notabene masyarakatnya mayoritas muslim. Dan ia menjalani kehidupan sebagai seorang yang beragama islam. Rizki melaksanakan sholat lima waktu di masjid, berpuasa Ramadhan, dan berdoa setiap hari.

3. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan dibutuhkan untuk memenuhi rasa ingin tahu manusia terhadap suatu hal. Sistem pengetahuan dibagi dalam 5 hal, yaitu :

  • Pengetahuan alam
  • Pengetahuan flora dan fauna
  • Pengetahuan tubuh manusia
  • Pengetahuan sifat dan tingkah laku, dan
  • Pengetahuan ruang dan waktu.

4. Sistem Teknologi

Sistem ini menjadi perlengkapan manusia dalam menjalani kehidupan. Koentjaraningrat membagi teknologi menjadi beberapa macam, diantaranya yaitu alat-alat produksi, wadah, senjata, rumah, pakaian, transportasi, makanan dan minuman.

Contohnya, dahulu rumah hanya berbentuk gubug namun sekarang sudah menjadi gedung. Dahulu memotong kayu menggunakan kapak, sekarang menggunakan alat yang lebih canggih.

5. Sistem Kemasyarakatan / Kekerabatan

Sistem kemasyarakatan sangat kental dalam unsur ini. Sistem ini masih digunakan manusia untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan satu dengan lainnya. Hingga saat ini, masih ada beberapa wilayah yang memakai sistem kekerabatan seperti Amerika Latin, Afrika, dan Oseanis.

6. Sistem Ekonomi / Mata Pencaharian

Secara garis besar, sistem ekonomi di indonesia terdiri dari beternak, bercocok tanam, berburu, meramu, menangkap ikan, dan sistem irigasi atau pengairan. Sampai sekarang, sistem ini berkembang lagi. Contohnya, dari bertani atau bercocok tanam, berlanjut kepada bisnis pengolahan makanan.

7. Kesenian

Seni adalah salah satu ekspresi terhadap keindahan. Menurut Koentjaraningrat, seni dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa dan suara. Seni juga dapat dibagi lagi menjadi bermacam-macam seperti seni tari, seni musik, dan lain-lain.

Contoh Kebudayaan di Indonesia

Berikut beberapa contoh kebudayaan yang ada di Indonesia :

  1. Ngaben
  2. Kuda Lumping
  3. Wayang
  4. Reog 
  5. Batik

Demikian ulasan mengenai pengertian, unsur dan contoh kebudayaan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *