Persiapan Menyambut Kelahiran Bayi

By | February 20, 2020

Kehamilan merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan halal yang mendambakan hadirnya buah hati di tengah-tengah mereka. Satu tahap lagi yang lebih menggembirakan daripada kehamilan yaitu melahirkan.

Hal tersebut karena semakin dekat waktu untuk berjumpa dengan buah hati yang telah ditunggu selama 9 bulan.

Persiapan untuk Menyambut Kelahiran Bayi

Persiapan-Menyambut-Kelahiran-Bayi

Untuk menyambut kehadiran buah hati, terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dan persiapkan. Apa saja itu? Nah, simak ulasan berikut ini mengenai 6 hal yang wajib Anda persiapkan untuk menyambut kedatangan bayi.

1. Nama untuk Bayi

Hal pertama yang harus Anda persiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati adalah sebuah nama untuk calon bayi. Walau sudah dilakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin sang bayi, namun sebagai orang tua tetap mempersiapkan 2 nama, yaitu nama bayi laki-laki dan nama bayi perempuan.

Pemberian nama bayi ini sangat penting, karena nama ini akan selalu menyertai sang bayi hingga sampai tua nanti. Jadi berilah nama calon bayi Anda dengan nama-nama yang baik.

Anda bisa memberinya dengan nama bayi islami yang mengambil dari nama-nama nabi atau dari asmaul husna.

2. Aqiqah

Kedua yang harus Anda persiapkan untuk menyambut kehadiran sang buah hati adalah aqiqah. Aqiqah merupakan sebuah acara sebagai bentuk rasa syukur atas dilahirkannya sang buah hati ke dunia.

Seperti yang dikutip dari wisatanabawi.com bahwa Aqiqah ini dilaksanakan pada hari ketujuh usia buah hati dengan menyembelih dua ekor kambing jantan untuk anak laki-laki, dan satu ekor kambing jantan untuk anak perempuan.

Namun, bagi Anda yang merasa keberatan dalam hal financial, Allah SWT tetap memberikan keringanan dengan memperbolehkan hanya menggunakan satu kambing baik jantan maupun betina.

Hukum dari aqiqah dalam agama islam adalah sunah muakadah. Untuk beberapa ulama, tujuan dilaksanakannya aqiqah adalah sebagai penebus untuk melepaskan kekangan jin yang membelenggu setiap bayi yang baru dilahirkan.

3. Pakaian Bayi

Menjelang hari kelahiran, pasti kegiatan yang satu ini tidak dapat Anda lupakan. Ya, pakaian bayi, berbelanja pakaian bayi pasti menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh semua ibu hamil. Kegiatan yang satu ini wajib untuk dilakukan untuk mempersiapkan kebutuhan sandang bagi sang buah hati ketika lahir nanti.

Pakaian yang perlu Anda beli dan persiapkan berupa baju, celana, gurita, selimut, popok, sarung kaki dan tangan, dan masih banyak lagi. Usahakan sebelum digunakan kepada bayi, cucilah perlengkapan tersebut dengan sabun khusus bayi. Hal ini dimaksudkan agar bayi terhindar dari masalah gatal-gatal dan alergi dari debu dan kotoran yang menempel pada pakaian.

4. Susu Ibu Menyusui dan Susu Formula

Satu hal lagi yang wajib Anda persiapkan ketika menyambut kelahiran sang buah hati yaitu susu ibu menyusui. Biasanya air susu ibu baru akan keluar setelah dua hari pasca kelahiran.

Nah, di sinilah peran dari susu ibu menyusui yaitu untuk merangsang keluarnya air susu ibu. Untuk masalah merek, Anda dapat menggunakan merek susu yang ibu konsumsi selama masa kehamilan agar tak menimbulkan alergi atau mual.

Pada saat ini banyak sekali merek susu ibu menyusui yang baik dan aman untuk ibu seperti anmun, lactamil, prenagen, lovamil, dan masih banyak lagi.

Selain susu untuk ibu, Anda juga harus menyiapkan susu untuk sang buah hati. Mengapa, padahal ka nada asi? Nah, susu formula di sini hanya sebagai sarana jalan keluar apabila air susu tidak keluar atau menghasilkan susu dalam jumlah yang sedikit.

Satu hal yang wajib Anda perhatikan selama pemilihan susu formula untuk bayi ini yaitu jenis dan peruntukan untuk usia bayi. Jangan sampai Anda memberikan susu formula untuk balita kepada bayi yang baru lahir. Hal ini mampu menyebabkan bayi muntah atau diare karena belum mampu mencerna kandungan yang terdapat di dalamnya.

5. Kamar Bayi

Mungkin kamar bayi terdengar sedikit berlebihan untuk buah hati yang baru dilahirkan. Namun, kamar bayi menjadi hal yang begitu penting untuk menjaga keseterilan dan kebersihan sang buah hati. Tak perlu kamar yang luas, Anda cukup menyiapkan kamar yang cukup untuk menampung box bayi.

Apabila dana masih belum mencukupi, Anda hanya perlu menyiapkan box bayi yang dapat Anda tempatkan di sudut kamar Anda. Namun ingat untuk tetap menjaga kebersihan dan ketenangan di dalam kamar agar bayi dapat beristirahat dengan tenang.

6. Pakaian Menyusui

Meskipun terkesan sepele tetapi pakaian menyusui adalah hal yang paling penting untuk dipersiapkan. Anda pasti tidak mau ketika sedang menyusui ditonton oleh banyak orang. Maka dari itu, persiapkan sedini mungkin pakaian untuk menyusui.

Selain pakaian untuk menyusui, usahakan untuk menyiapkan bra khusus ibu menyusui untuk memudahkan ibu dan anak.

Demikian ulasan lengkap mengenai 6 hal yang harus dipersiapkan untuk meyambut kedatangan bayi. Dengan persiapan lebih awal, maka akan membuat segalanya akan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *