Tanaman Hias Gantung Indoor untuk Mempercantik Rumah Anda

By | June 4, 2018

Apakah anda ingin mempercantik rumah anda menggunakan tanaman hias namun lahan anda terbatas? Bila iya, anda tidak usah khawatir dan menyerah, karena anda dapat menggunakan tanaman hias gantung yang dapat mempercantik dan membuat rumah anda terasa lebih nyaman, asri, dan “hijau tanpa membutuhkan lahan yang luas seperti taman.

Selain tidak memakan lahan rumah, tanaman hias gantung umumnya mudah dirawat dan akan menampilkan kesan rapi serta bersih bila diperhatikan setiap hari. Penempatan tanaman hias  gantung dapat anda tempatkan dimana saja baik di luar maupun di dalam rumah. Contohnya adalah di jendela, kamar mandi, dan sebagainya.

bunga-anggrek-tanaman-hias

 Tanaman Hias Gantung Indoor untuk Mempercantik Rumah Anda

Berikut ini adalah beberapa tanaman hias gantung indoor yang dapat mempercantik rumah anda:

1. Lili Paris

Lili paris merupakan tanaman yang berasal dari Afrika dan sangat baik tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman ini sudah sering banyak digunakan orang untuk menghias rumahnya karena bentuknya yang unik dengan daun panjang menjuntai ke bawah. Selain bentuknya yang cantik, tanaman ini sangat mudah di rawat karena dapat beradaptasi di mana saja.

Tanaman yang memiliki warna daun hijau pada ruasnya dan putih pada tepinya ini memiliki nama ilmiah Chlorophytum comosum var. vittatum. Anda dapat menanam tanaman ini dalam pot dan menggantungnya pada bagian dalam rumah anda. Pastikan tanaman ini ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari cukup agar tidak mudah layu dan mati.

2. Lobelia White Fountain

Kemudian tanaman hias selanjutnya adalah Lobelia White Fountain. Tanaman hias satu ini merupakan tanaman yang memiliki bunga kecil warna putih yang sangat cantik. Walaupun bunganya dapat terbilang kecil, namun kenampakannya yang rimbun dapat membuat ruangan anda menjadi terlihat asri. Tanaman yang memiliki nama latin Lobelia erinus ini, sangat cocok untuk ditempatkan indoor dengan sinar matahari penuh.

3. Begonia

Begonia merupakan tanaman yang sangat umum digunakan menjadi tanaman hias dengan model digantung. Begonia merupakan genus yang berasal dari family Begoniaceae yang memiliki 1795 spesies berbeda. Beberapa di antara spesies tersebut sangat cocok untuk mempercantik rumah anda, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Tanaman ini mudah dirawat dan baik untuk ditanam di dalam ruangan karena begonia merupakan tanaman “shade plants” atau dapat ditanam di bawah naungan karena kebutuhan sinar mataharinya rendah. Beberapa begonia yang biasanya digunakan adalah Begonia rex, Begonia rhizomatus, Begonia Cane, Trailing / Scandent Begonia, dan lain – lain.

4. Sweet Alyssum

Sweet alyssum merupakan tanaman yang berasal dari Mediterania. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Lobularia maritima ini, sangatlah populer karena memiliki aroma yang wangi. Selain itu, ia merupakan tanaman berbunga pendek, dengan bunga – bunga berwarna putih dan kuning.

Merawat tanaman ini tidaklah susah. Tanaman ini tidak seperti tanaman lainnya yang harus terkena sinar matahari secara terus – menerus. Sweet Alyssum akan tumbuh secara optimal bila ia ditempatkan di tempat yang redup dan tanah yang lembab. Hal tersebut membuat tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung, terlebih untuk ditempatkan di dalam rumah anda.

5. Anggrek

Tanaman selanjutnya adalah anggrek. Siapa yang tidak tau tanaman anggrek? Tanaman anggrek merupakan salah satu tanaman hias terbaik yang banyak disukai karena bentuknya yang terlihat sangat alami dan cantik. Tanaman anggrek memiliki variasi yang tidak terbatas sehingga tidak sedikit orang yang mengoleksi anggrek dan mengawin silangkan jenisnya untuk mendapat bunga varian baru yang cantik.

Ditulis oleh Gladie Anggriawan (TaniMuda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *