Telaga Cebong dalam Kawasan Wisata Dieng

Telaga Cebong

Meski namanya terdengar cukup unik, tapi begitu kamu menyambangi objek wisata di Dieng ini, seketika kamu akan terkagum dengan keindahan alamnya.

Air telaga yang begitu jernih berpadu dengan pepohonan dan bukit-bukit yang menjulang tinggi menjadikan lanskap di kawasan Telaga Cebong sangat sempurna.

Tak cukup disitu, kamu juga akan merasakan hawa sejuk khas daerah pegunungan.

Nah, berdasarkan artikel yang ada di situs Piknikly.com bahwa telaga ini menjadi destinasi wisata di Dieng yang bisa kamu manfaatkan untuk camping.

Telaga Cebong dalam Kawasan Wisata Dieng

Daya Tarik

Telaga yang memiliki luas kurang lebih 12 ha ini merupakan danau bekas kawah purba dengan bentuk menyerupai berudu atau cebong.

Di sekitaran Telaga Cebong, kamu bisa menikmati hamparan savana dan perbukitan di sisi lain yang menyemprukan view disini.

Pendakian ke Bukit Sikunir

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise di Jawa adalah bukit Sikunir, Dieng.

Bukit yang selalu ramai saat liburan ini lokasinya berdekatan dengan telaga Cebong. Jadi, ketika kamu ingin mendaki bukit ini kamu akan melewati area telaga yang masih sangat asri.

Dari ketinggian bukit, kamu juga bisa menikmati indahnya Telaga Cebong secara jelas dan tentunya golden sunrise yang melegenda.

Saat musim liburan tiba dan camp area di bukit Sikunir penuh, area pinggiran telaga juga kerap dijadikan tempat mendirikan tenda lho!

Dikelilingi Lahan Pertanian Petani Setempat

Selain perbukitan dan bentang savana, di sekitaran telaga kamu juga bisa melihat hamparan lahan pertanian yang dikelola oleh warga sekitar.

Bahkan, telaga ini juga menjadi sumber perairan untuk lahan pertanian tersebut.

Fasilitas Memadahi

Di area wisata ini, kamu bisa mendapati fasilitas yang sudah cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, warung kopi dan warung makan, mushola, hingga area parkir yang luas.

Buat kamu yang tak ingin camping menggunakan tenda, kamu bisa menginap di beberapa homestay yang lokasinya tak berjauhan dari area wisata ini.

Rute ke Lokasi

Lokasi tepat Telaga Cebong ini berada di Desa Sembungan, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo.

Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum disana.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, sesampainya di terminal bus Kejajar kamu bisa lurus hingga sampai di desa Dieng.

Selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju desa Sembungan atau bukit Sikunir.

Waktu yang dibutuhkan dari pusat kota Wonosobo hingga ke Telaga Cebong kurang lebih 1-2 jam, mengingat medannya yang menanjak dan cukup curam.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan telaga dan golden sunrise dari bukit Sikunir, kamu cukup membayar biaya tiket masuk Rp. 10.000 saja.

Objek wisata ini buka 24 jam, jadi kamu bisa datang kapan saja.

Tapi ingat, jika kamu datang saat malam atau sebelum fajar untuk berburu sunrise, pastikan kamu menggunakan pakaian hangat.

Sebab, suhu disini bisa mencapai 0 derajat celcius bahkan minus saat musim hujan.

Cukup menarik kan mengenai telaga Cebong yang ada di kawasan Dieng ini? Yuk, segera rencanakan liburan kailan kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *