Ulasan Lengkap Oppo R17 Pro

Belum puas dengan pencapaiannya dalam pasaran smartphone kelas menengah dengan merilisi A dan F series, kini Oppo mulai beranjak memasuki paran smartphone kelas premium. Dimulai dengan kembali membawa seri Find yaitu Oppo Find X, saat ini R series melalui Oppo R17 Pro juga telah hadir di pasar smartphone premium Indonesia dan siap membuat persaingan menjadi semakin ketat.

Posisi dari smartphone R series ini berada satu level dibawah true flagship Find series, seperti Find x serta satu level diatas kelas mid-range smartphone F series, seperti Oppo F9. Smartphone ini hadir membawa desain yang menarik serta berbagai macam fitur premium seperti fingerprint reader, under display, konfigurasi triple kamera, hingga SuperVOOC flash charge.

Bocoran Oppo R17 Pro

Belum lama merilis seri R17, ternyata Oppo sudah mempersiapkan versi Pro dari smartphone yang satu ini. Melalui sebuah publikasi berupa video teaser yang sudah tersebar, Oppo R17 Pro ini akan terlihat menyerupai saingan beratnya yaitu Huawei P20 Pro yang mengusung konfigurasi tiga kamera pada bagian belakang. Dalam video tersebut, wujud dari R17 Pro tidak jauh berbeda dengan R17.

Selain itu, desain layar yang digunakan juga akan mempunyai notch atau poni dengan ukuran kecil di bagian atasnya. Perbedaan antara kedua smartphone ini hanya ada pada bagian belakangnya saja. Walaupun penempatan lensa kamera tidak berbeda yaitu berada di tengah dengan posisi vertikal, namun dengan memberi satu lensa tambahan membuat lampu flash menjadi sedikit lebih turun.

 Diduga kuat, kamera yang tertanam dalam smartphone ini mempunyai konfigurasi yang hampir sama seperti Samsung Galaxy S9 Plus. Pada kamera utama memiliki dual apeture f/2.4 serta f/1.5 dengan fungsi meningkatkan kualitas gambar walaupun dalam keadaan minim cahaya. Dengan lensa ini, R17 Pro akan mempunyai kemampuan untuk menghidupkan fitur Augmenter Reality secara langsung.

Teknologi yang digunakan ini serupa dengan Asus Zenfone AR dan juga Ares. Sedangkan untuk fitur lain, smartphone ini masih sama seperti Oppo R17 versi reguler. Bentangan layar seluas 6,4 inchi dan permukaan layarnya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang dianggap mampu melindungi layar smartphone yang jatuh sebanyak 15 kali berturut-turut dari ketinggian satu meter.

Sedangkan dalam sektor dapur pacu, smartphone ini telah mengalami peningkatan dari versi yang sebelumnya telah keluar. R17 Pro dikabarkan akan mengandalkan chipset Snapdragon 710 yang dipadukan dengan kapasitas RAM sebesar 8 GB. Namun, dalam segi warna yang diusung dalam smartphone ini masih serupa dengan pendahulunya yakni Oppo R17 versi reguler.

 

Spesifikasi Oppo R17 Pro

Oppo R17 Pro hadir dengan membawa Snapdragon 710 (10nm) sebagai chipsetnya. Tentunya hal ini akan membantu para penggunanya dalam menjalankan berbagai macam aplikasi dan juga game yang membutuhkan spek dewa. Tidak hanya itu, kehandalan dari chipset tersebut nantinya akan didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB serta internal storage sebesar 128 GB.

Selain itu, teknologi terkini yang turut dibawa oleh R17 dan baru diperkenalkan oleh pihak Oppo pada perhelatan MWC atau Mobile World Congress yaitu Flash Charge dan SuperVOOC. Tidak tangung-tanggung, berkat adanya teknologi Flash Charge atau pengisian daya super cepat ini akan membuat R17 mampu mengisi daya baterai dari kosong hingga penuh hanya dalam waktu sekitar 35 menit.

Dengan pengisian daya yang sangat cepat ini, mungkin para penggemar gadget akan merasa sedikit khawatir. Namun kekhawatiran tersebut dapat dijawab dengan jelas oleh Oppo. Hal yang membuat pengisian daya ini tidak berbahaya dan tetap aman dikarenakan terdapat 5 lapisan pelindung yang ada pada kabel, adapter, baterai, port charger, serta pada perangkat itu sendiri.

Selain sektor dapur pacu serta penanaman teknologi dalam pengisian ulang daya yang sangat mumpuni, tentunya Oppo tidak melupakan fitur kamera yang ditanamkan pada ponsel ini. R17 Pro hadir dengan membawa keunggulan dalam kamera utama melalui kehadiran Smart Lens, sebuah lensa pintar yang mampu menyesuaikan diafragma secara otomatis dengan jumlah cahaya masuk.

Teknologi Smart Lens pada kamera R17 Pro ini mengusung model diafragma ganda f/2.4 dan f/2.5. Untuk kamera bagian belakang pada smartphone ini terdiri dari 3 buah kamera yang terdiri dari kamera dengan ukuran 12 MP, 24 MP, serta Wide 26mm. Hal yang membuat ponsel ini semakin menarik yaitu hadirnya fitur sensor fingerprint dalam layar.

Dapat dibilang bahwa R17 Pro merupakan smartphone pertama yang membawa teknologi baru seperti itu. Dengan kecanggihan dari fitur yang diusung, maka membuat smartphone ini serasa smartphone kelas flagship. Oleh karena itu, tidak diherankan lagi apabila harga yang ditawarkan untuk R17 Pro ini sedikit lebih mahal dari smartphone kelas menengah lainnya.

 

Kelebihan Oppo R17 Pro

Kelebihan hamdphone ini dikupas tuntas oleh CEO piwiq.com , Oppo R17 Pro mempunyai desain yang sangat cantik. Smartphone ini memiliki berat 183 gram dengan dimensi 157.6 x 74.6 x 7.9. Untuk bodi bagian belakangnya terbuat dari material kaca. Sementara bodi bagian samping dari ponsel ini terbuat dari bahan alumunium. Tentunya selain mampu membangun penampilan Anda, smartphone ini juga cukup kokoh dan tahan banting.

Selain itu, R17 Pro ini juga tersedia dalam dua pilihan warna yang menarik dan eye catching yaitu Radiant Mist dan Emerald Green. Jika Anda menginginkan sebuah smartphone yang mempunyai desain kekinian serta warna indah dan menarik, maka R17 ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

 R17 Pro telah dibekali dengan panel layar berjenis AMOLED capacitive touchscreen yang memiliki resolusi sebesar 1080 x 2340 piksel. Layarnya juga sudah mengusung rasio sebesar 19:5:9 dengan kerapatan layar 402 ppi. Dengan spesifikasi layar yang dihadirkan tersebut, tentunya smartphone ini mampu menampilkan gambar dengan kualitas yang tajam dan jernih.

Hal yang cukup menarik dari layar pada smartphone ini yaitu keberadaan bingkai atau bezel layar tipis. R17 Pro hadir dengan layar bezel-less yang memiliki ukuran 6.4 inchi dengan screen to body ratio sebesar 85.9%. Bukan hanya itu, penambahan notch atau poni berbentuk water drop pada bagian atas tengah layar juga membuat ponsel ini terlihat modern dan kekinian.

Andalan Oppo adalah bagian kamera. Untuk itu, R17 Pro ini mempunyai tiga buah kamera di belakang. Masing-masing lensa memiliki ukuran 12 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.5 dan f/2.4 yang mampu menghasilkan gambar kualitas tinggi. Kemudian terdapat lensa tambahan berukuran 20 megapiksel yang mempunyai bukaan lensa f/2.6 serta dilengkapi dengan fitur autofocus.

Dapat dikatakan bahwa Oppo R17 Pro ini merupakan smartphone paling canggih dan paling mumpuni dalam persaingan smartphone kelas menengah. Namun, harga yang dibanderol untuk ponsel ini cukup mahal untuk kelas menengah. Jika Anda tertarik untuk memiliki R17 Pro, maka dana yang diperlukan yakni sekitar 7,5 jutaan rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *