Usaha-Kue-Bolu-Rumahan

Usaha Kue Bolu Rumahan

Tak bisa dipungkiri jika kue bolu sudah melegenda dalam jajaran makanan jenis kue basah. Selain rasanya yang enak, tampilan bentuknya pun bervariasi dan menarik. Sehingga tidak jarang jika banyak orang yang menyukai kue bolu. Bagi Anda yang ingin membuka usaha, tidak ada salahnya mencoba memulai usaha kue bolu rumahan.

Melihat peluang yang ada bisa dikatakan bahwa usaha kue bolu ini cukup menjanjikan. Selain itu, usaha ini bisa dimulai dengan merogoh modal yang tidak terlalu besar. Berikut beberapa ulasan mengenai kiat menggeluti usaha ini dilengkapi dengan rekomendasi aplikasi laporan keuangan usaha yang bisa dipakai gratis.

Tips Memulai Usaha Kue Bolu Rumahan Dengah Mudah

1. Membuat Konsep dan Strategi yang Matang

Dalam menggeluti usaha tentu sangat penting untuk membuat konsep dan strategi. Demikian halnya dengan menjalankan usaha kue bolu rumahan ini. Anda harus memahami seluk beluk perbisnisan usaha kue bolu. Agar dapat mengantisipasi maupun menciptakan solusi permasalahan yang mungkin akan muncul.

Strategi menjalankan usaha kue bolu ini juga krusial. Sebab strategi merupakan kuci keberhasilan mengembangkan modal finansial yang tentu untuk meraup keuntungan. Selain modal finansial, Anda wajib memiliki modal keahlian keterampilan membuat kue bolu. Tidak ketinggalan juga, Anda juga perlu menyiapkan peralatan dan bahan – bahan berkualitas untuk membuat kue bolu.

2. Menentukan Target dan Metode Pemasaran

Langkah berikutnya ialah menentukan target pemasaran kue bolu yang Anda produksi. Jika target pemasaran sudah ditentukan, akan mudah menentukan metode pemasaran. Kini metode pemasaran sudah mudah dilakukan karena telah didukung teknologi yang semakin maju.

Jika target pemasaran usaha kue bolu Anda adalah tetangga, rekan atau orang yang dikenali, Anda dapat melakukan metode pemasaran  melalui penawaran secara langsung. Jika target Anda ingin lebih luas lagi, bisa melakukan metode pemasaran melalui platform media sosial maupun marketplace online.

3. Menentukan Harga Pemasaran

Penentuan harga dapat Anda tentukan berdasarkan akumulasi bahan yang digunakan, peralatan yang digunakan, serta biaya pengeluaran lain saat produksi kue bolu. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk merinci semua pengeluaran. Dengan demikian hal ini akan membuat Anda mudah memperkirakan keuntungan yang akan diperoleh.

Harga pemasaran dapat ditentukan dengan bertolak dari target penjualan. Misalnya target penjualan Anda dari kalangan menengah kebawah, maka harga yang Anda patok harus sesuai pangsa pasar. Demikian pula jika target penjualan dari kalangan menengah keatas. Hal ini bertujuan agar usaha Anda bisa bersaing dan terus berkembang.

4. Menganalisis Pangsa Pasar

Setelah usaha kue bolu Anda mulai berjalan, langkah selanjutnya ialah melakukan analisis pangsa pasar. Anda harus memperhatikan permintaan pasar dan terus melihat peluang. Selain itu juga harus tetap konsisten dalam mengaplikasikan konsep awal. Namun, apabila ada hal yang perlu dibenahi maka Anda harus segera menciptakan penyelesaian.

5. Terus Melakukan Inovasi

Disamping melakukan survei pasar, Anda juga dituntut untuk melakukan inovasi. Inovasi sangat diperlukan demi kelancaran usaha yang ditekuni. Pasalnya, kreasi dan inovasi akan menghadirkan terobosan baru yang mampu melonjakkan usaha Anda. Tentu saja hal ini akan mengundang konsumen untuk membeli produk Anda.

Dalam usaha kue bolu rumahan ini, Anda dapat melakukan inovasi terhadap produk kue bolu. Misalnya dengan mencoba memproduksi varian baru untuk rasa dan bentuk kue bolu. Bisa juga mengadakan promosi harga dengan diskon. Atau bisa juga dengan melakukan inovasi pada kemasan.

Bagaimana cukup tertarik untuk mengeluti usaha kue bolu rumahan, bukan ? Temukan juga berbagai tips bisnis yang lainnya di BukuWarung.com, selain dapat dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar, pengelolaan mudah, dan juga keuntungan yang diraup bakal menjanjikan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *