Vitamin E untuk Kesuburan

By | July 23, 2018

Vitamin E untuk Kesuburan

Vitamin E merupakan vitamin yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan antara lain untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan sistem pernapasan, kesehatan peredaran dah, kesehatan otak dan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

Vitamin E dapat ditemukan pada makanan seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, bayam dan buah aprikot. Selain itu, kini banyak terdapat suplemen Vitamin E yang dijual di Apotek-apotek.

Pada artikel ini, kami akan fokus membahas manfaat vitamin E untuk Kesuburan Pria dan Wanita. Simak ulasannya berikut ini.

Vitamin E adalah antioksidan yang sangat baik dalam melindungi sel-sel tubuh Anda dari dampak negatif radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan masalah kesehatan serius. Vitamin E juga berperan penting dalam menjaga fungsi organ reproduksi Anda dan menjaga kesehatan kandungan.

Manfaat Vitamin E untuk Pria

Kekurangan vitamin E dapat menurunkan kemampuan reproduksi  pria, berdasarkan The Encyclopedia of Vitamin E. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan testis, sehingga menghambat keluarnya hormon yang penting untuk reproduksi.

Vitamin E juga berperan penting dalam menjaga kuantitas dan kualitas sel sperma. Dalam penelitian yang terbit pada International Journal of General Medicine menyebutkan kombinasi vitamin E dan selenium dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan renang sel sperma.

Manfaat Vitamin E untuk Wanita

Wanita yang mengonsumsi vitamin E dapat melindungi proses ovulasi sehingga meningkatkan peluang kehamilan. Bagi wanita, vitamin ini berperan dalam membentuk dan menciptakan placenta yang sehat. Placenta yang sehat merupakan salah satu faktor kehamilan yang sehat.

Anjuran Dosis Vitamin E

Jika Anda mengalami masalah kesuburan, konsultasikan kondisi Anda kepada dokter keluarga untuk mendapatkan rekomendasi dosis vitamin E untuk meningkatkan kesuburan. Mengutip Fertility After 40, praktisi kesehatan menyarankan konsumsi suplemen vitamin denan dosis 150-200 IU untuk meningkatkan kesuburan. Namun, jangan mengonsumsi melebihi 1.000 miligram perhari karena dapat meningkatkan risiko kanker prostat.

Selain itu, konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E seperti :

  • Kacang Almond
  • Biji Bunga Matahari
  • Kacang Hazelnut
  • Kacang Tanah
  • Bayam
  • Kiwi
  • Mangga

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Vitamin E untuk Kesuburan Pria dan Wanita, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjalankan program hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *