Loading...
X

TRADISI LEBARAN IDUL FITRI

TRADISI LEBARAN IDUL FITRI

Tradisi Lebaran Idul Firti di brebes jawa tengah mulai dari malam Hari Raya yaitu di adakannya Takbiran keliling yang di ikutti oleh masyarakat brebes. Takbiran keliling ini biasanya dengan berjalan kaki mengelilingi rute yang sudah disiapkan oleh panitia takbir keliling dan menggunakan mobil untukmembawa anak-anak dan mengikuti dibelakang yang sedang berjakan kaki dengan membawa obor api dan membawa miniatur masjid atau mushola yang sudah di buat. Acara di mulai pada pukul 19.20 – 21.00.

Setelah mengikuti takbir keliling kami tidak langsung pulang tapi berkumpul terlebih dahulu untuk merayakan malam takbir di dekat masjid yang tidak jauh dari rumah, dan setelah itu sekitar pukul 10.30 kita mulai beristirahat untuk melakukan sholat idhul fitri pada pagi hari

Di hari Raya kami sekeluarga menunaikan Sholat di Lapangan sepak bola kecamatan larangan brebes. Saya dan orang tua berjlan kaki menuju lapangan tersebut untuk melakukan sholat idul fitri ada juga yang memakai sepeda motor dan menggunakan baju koko dan mukenah untuk menggambarkan hari yang suci. Suasana di lapangan yang digunakan untuk melakukan sholat idul fitri sangatlah ramai.

Sepulang sholat Idul Firti saya sungkem dengan Bapak dan Ibu memohon maaf dan meminta maaf kepada orang tua saya apa yang sudah saya lakukan. Setelah sungkem dengan keluaga besar. Dan setelah bertemu dengan keluarga besar kami sekeluara berkeliling sekitar kampung sampai menuju makam untuk mendoakan keluarga kami yang sudah tiada sekalian halal bihalal dengan orang yang di sekitar kami.

Setelah lebaran biasanya keluarga mengunjungi saudara yang berada di luar kota untuk ber silaturahmi dan biasanya disana kami mengadakan acara seperti sawalan dan makan makan, setelah itu biasanya kami mulai liburan dengan keluarga yang ada di luar kota karna kami akan berpisah biasanya suasana seperti ini banyak yang sedih, terharu, rindu karna mau berpisah dan bertemu lagi di lebaran tahun depan.

Inilah tradisi lebaran yang menjadi tradisi yang dilaksanakan di keluarga kami mungkin begiti saja tradisi di keluarga saya dan acara yang sudah menjadi tradisi lebaran di kampung halaman saya. Trimakasi

 

Leave Your Observation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar