Loading...
X

AKTIFITAS MUDIK/ HARI RAYA

AKTIFITAS MUDIK/ HARI RAYA

Lebaran/Hari Raya merupakan salah satu momentum bagi masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang kampung. Ternyata tradisi mudik lebaran untuk berkumpul bersama keluarga dan mengucapkan selamat idul fitri ini tidak tergantikan meski dengan beragam alat komunikasi yang semakin canggih. Orang-orang rela antre, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa melaksanakan tradisi pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga saat lebaran.

Aktifitas saya waktu mudik tahun 2019 bertujuan dari yogyakarat ke Brebes sebelum hari H pada waktu saya mudik saya menggunakan sepda motor bersama teman-teman satu kampung di sini saya merasa suatu yang bisa membuat saya membayangkan kebahagian yaitu bisa bertemu keluarga khususnya bertemu dengan kedua orang tua saya yang saya rindukan namun pada perjalanan saya berhenti membayangkan kebahagian itu pada saat motor saya mengalami mogok di karenakan pada bagian mesin motor saya mengalami patah fanbel pada bagian mesin disini saya merasa tidak enak pada beberapa teman yang ikut berhenti dan membantu sya untuk membawa motor ke bengkel motor di purworejo.

Setelah satu jam selesai dari bengke saya bersama teman-teman saya melanjutkan perjalanan mudik singkat cerita saya bersam teman telah sampai di kota kelahiran pada sore hari dan kami pun berpisah setelah melakukan perjalan ke rumah masing-masing dan melambaikan tangan pda waktu saya sampai rumah saya di sambut pertama kali pada ayah saya yang sedang duduk di depan rumah dan menanyakan bahgaimana kabar sewaktu di jogja, lalu saya bertemu ibu saya yang sedang memasak makanan dan menawarkan makan kesaya mungkin ibu saya tahu kalo saya lapar setelah melakukan perjalanan.

Pada waktu saya di rumah singkat cerita tiba pada waktu malam takbir. Di daerah saya pada waktu malam takbir di sana masyarakat melakukan yang namanya takbir keliling setelah melakukan sholat isya stelah masyarakat merayakan yang di sebut takbir keliling beberapa orang melakukan sholawatan di masjid sampai pagi hari sebelum melakukan ibadah sholat fitri dan masyarakat di sana setelah melakukan sholat idul fitri masyarakat di sana melakukan halal bihalal secara bertahap aitu mulai dari tetangga sampai ke pemakaman keluarga hingga ke keluarga yang di luar kota.

Leave Your Observation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar