Loading...
X

Artikel Sunmary/ Ringkasan Brosur

RINGKASAN BROSUR

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Pengantar

Program Studi Bimbingan dan Konseling berdiri melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0139/0/1984, 9 Maret 1984.  Program studi memiliki visi menjadi program studi yang mampu bersaing dan inovatif dalam pembelajaran dan pelayanan bimbingan dan konseling yang berbasis riset dan teknologi terkini, serta nilai keislaman. Sedangkan misinya antara lain menyelenggarakan program akademik dan professional berbasis nilai keislaman, menyelenggarakan riset dalam bidang keilmuan kependidikan utamanya bimbingan dan konseling, menyelenggarakan program layanan kepakaran utamanya bimbingan dan konseling kepada masyarakat.  Gelar yang diberikan kepada lulusan yaitu S. Pd.

Visi

Pada tahun 2020 menjadi program studi yang unggul penghasil pendidik yang bertaraf nasional berwawasaan global dan inovatif dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling yang berbasis riset dan teknologi, serta nilai keislaman.

Misi

  1. Menyelenggarakan program akademik dan professional bidang Bimbingan dan Konseling berbasis nilai keislaman.
  2. Menyelenggarakan riset dalam bidang ilmuan Pendidikan utamanya Bimbingan dan Konseling berbasis nilai keislaman.
  3. Menyelenggarakan program layanan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Bimbingan dan Konseling berbasis nilai keislaman.
  4. Menjalin kerjasama di tingkat internasional kususnya dalam bidang Bimbingan dan Konseling.

Akreditasi

Terakreditasi A (SK No : 1665/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017)

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Bimbingan dan Konseling diarahkan agar memiliki kemampuan untuk:

  1. Memahami pengetahuan dasar bimbingan dan konseling serta konsep pelayanan secara obyektif dan professional, sehingga dapat memahami setiap gejala perilaku manusia, baik perorangan maupun kelompok.
  2. Melaksanakan dasar-dasar penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling.
  3. Menganalisis dan menafsirkan setiap gejala perilaku individu, mampu memilih dan mempergunakan secara tepat metode pelayanan secara profesioanal kepada individu ataupun kelompok.
  4. Mewujudkan kepekaan yang bertanggung jawab terhadap nilai, proses, dan masalah sosial, budaya, agama, politik, dan ekonomi yang berpengaruh pada tingkah laku manusia, sehingga dapat menfsirkan tingkah laku dalam kaitannya dengan kondisi masyarakat Indonesia.
  5. Memahami, menghayati, dan melaksanakan prinsip-prinsip dan kode etik yang meliputi kode etik layanan, keilmuan, penelitian, dan Profesi.
  6. Menyusun laporan penilaian, penelitian di bidang layanan bimbingan dan konseling secara ilmiah dan professional.

 

Leave Your Observation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Skip to toolbar